Pjs. Bupati Serinah Pantau Disiplin Warga Pasar Telaga Jalankan Prokes

Penjabat sementara (Pjs.) Bupati Karangasem I Wayan Serinah terus memantau warganya agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Pjs. Bupati Karangasem I Wayan Serinah,  memantau warga di pasar Telaga,  Sibetan,  agar tetap disiplin melaksanakan Prokes,  kemarin.   

Amlapura (bisnisbali.com) –Penjabat sementara (Pjs.) Bupati Karangasem I Wayan Serinah terus memantau warganya agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Seperti Jumat (23/10) kemarin, Serinah mengunjungi warganya yang tengah sibuk berjualan atau mencari kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional Telaga, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem,  Karangasem.

Di pasar yang dikenal sebagai salah satu pasar pusat perdagangan salak itu, Serinah menyosialisasikan agar masyarakat lebih disiplin menjalankan prokes. Hal itu agar semua tetap terjaga kesehatannya sehingga  tidak tertular penyakit apa pun. ‘’Saya pantau di Pasar Telaga, Sibetan,  warga sudah mengenakan masker penutup hidung dan mulut dengan baik. Saya tidak perlu memasangkan masker lagi  kepada warga, karena mereka sudah mengenakan masker, umumnya menggunakan masker kain . Semoga disiplin melaksanakan prokes itu  tetap dijalankan. Jangan hanya saat saya memantau ke pasar-pasar atau lokasi berkumpulnya orang,’’ ujar pria asal Banjar Sukaluwih, Selat, ini.

Didampingi Sekda Karangasem Ketut Sedana Merta, selain memberikan sosialisasi disiplin menjalankan prokes, Serinah juga memantau ketersediaan sembilan kebutuhan pokok. Harga barang di pasar relatif stabil. Cukup banyak dijual buah-buahan lokal hasil pertanian. Cuma buah salak  sangat terbatas, karena memang belum musim panen salak. Musim panen raya buah khas Karangasem ini berkisar Januari sampai April. Karena belum musim salak dan persediaannya terbatas, harganya lumayan tinggi. Harga buah salak biasa per kilogram berkisar Rp 16 ribu. ‘’Ketersediaan sembako di pasar cukup  dan harganya pun stabil. Tidak ada kenaikan atau penurunan yang tinggi,’’ paparnya.

Tetap disiplinnya warga di Karangasem menjalankan prokes, yakni selalu mengenakan masker dengan benar saat ke luar rumah, rajin mencuci tangan pada air mengalir dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer saat menyentuh benda yang dicurigai sering atau banyak disentuh orang, serta menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain atau tidak berdesak-desakan, diharapkan pandemi Covid-19 cepat berlalu.  ‘’Sehat itu sangat penting. Kalau kita sehat, kita bahagia dan mudah melakukan aktivitas apa pun. Karena itu, mari kita selalu menjaga kesehatan,’’ katanya.

Serinah berharap pandemi covid cepat berlalu. Dilihat dari data, warga positif baru sudah tidak ada lonjakan yang signifikan. Diakuinya masih ada warga dengan hasil swab positif, satu atau dua orang sehari. ‘’Belakangan ini yang positif itu merupakan klaster keluarga. Seperti ada dari desa saya, dua hari lalu keluar hasil swab-nya satu orang positif. Itu klaster keluarga, dari situ  ke situ. Jadi, penting tetap menjalankan protokol kesehatan di dalam rumah tangga,’’ paparnya. *adv

BAGIKAN