Philippe Augier, Promosikan Bali Melalui Karya Seni

SALAH satu tokoh seniman dunia Miguel Covarrubias mengisahkan perjalanannya ke Bali dalam sebuah buku berjudul ‘’The Island of Bali’’.

Philippe Augier

SALAH satu tokoh seniman dunia Miguel Covarrubias mengisahkan perjalanannya ke Bali dalam sebuah buku berjudul ‘’The Island of Bali’’. Miguel menuliskan hasil studinya di Bali untuk dipublikasikan bersama 114 fotografi, 5 lukisan dan 90 gambar, serta foto-foto yang dibuat Rosa. Buku ini dipublikasikan pada tahun 1937 dan mendapat sambutan luar biasa.

Pendiri Museum Pasifika, Philippe Augier, mengatakan dalam pandemi Covid-19, industri pariwisata di Bali berupaya mempromosikan Pulau Dewata melalui kisah dan karya seniman dunia yang dikoleksi dan ditampilkan di Bali.  ‘’Tulisannya luar biasa indahnya. Ini bisa dilihat di bawah kutipan narasi yang dibuatnya yang dijadikan narasi untuk sebuah film dokumenter berjudul Pulau Bali,’’ ujarnya.

Philippe Augier dalam sebuah webinar  yang dilaksanakan Kedutaan Besar Meksiko untuk Indonesia di Jakarta bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI ) di Denpasar  menyampaikan, Covvarubias adalah seniman Meksiko yang melalui buku ‘’The Island of Bali’’ membantu mempromosikan kebudayaan Bali kepada dunia.

Melanjutkan promosi Bali, Museum Pasifika berupaya mempertemukan karya seni dari kawasan Pasifik dengan karya seni Asia Tenggara, kepulauan Indonesia dengan Pulau Bali yang berada di persimpangan kedua dunia tersebut. Promosi menampilkan 600 karya seni dari 200 seniman asal 25 negara yang tinggal di Asia Pasifik.

Philippe Augier menambahkan, untuk menarik wisatawan ke Bali dirinya tidak  hanya menyimpan koleksi lukisan dan patung yang mengesankan dari seluruh Asia Pasifik. Ia juga mempromosikan Bali sebagai pusat budaya dengan peran pendidikan dan sosial serta daya tarik wisata berstandar internasional. *kup 

BAGIKAN