Pertumbuhan Ekonomi dan Penanganan Covid Tiongkok Perlu Dicontoh

PERTUMBUHAN ekonomi dan cara penanganan Covid-19 Tiongkok dapat dicontoh.

PERTUMBUHAN ekonomi dan cara penanganan Covid-19 Tiongkok dapat dicontoh. Sebab negeri tirai bambu ini termasuk salah satu negara yang ekonominya tumbuh positif pascapandemi Covid-19. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada triwulan I bahkan melonjak 18,3 persen.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira saat dihubungi mengatakan, bila melihat perkembangan sementara memang pada triwulan I/2021 pertumbuhan ekonomi Tiongkok menunjukkan arah positif. Kondisi ini bisa dicontoh sehingga diharapkan kondisi perekonomian nasional juga dapat kembali pulih. “Pertumbuhan ekonomi Tiongkok tumbuh positif sejak akhir 2020 karena fokus tangani pandemi Covid-19,” katanya.

Karenanya konsistensi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan stimulus Tiongkok yang besar perlu juga dicontoh. Ia memprediksi ekonomi Tiongkok berpotensi akan terus naik seiring normalisasi industri manufaktur dan kinerja ekspornya.

Sementara itu pemerhati ekonomi dari Undiknas University, Agus Fredy Maradona, Ph.D., CA. menilai betul pertumbuhan ekonomi Tiongkok mengalami pertumbuhan, tetapi mesti hati-hati membaca angka statistik pertumbuhan ekonominya. “Angka pertumbuhan Tiongkok kuartal pertama 2021 year-on-year tentunya dibandingkan dengan angka di kuartal pertama 2020, di mana ketika itu perekonomian mereka sedang sangat terpuruknya akibat pandemi Covid 19 yang baru mulai merebak,” katanya.

Kendati demikian Agus Fredy menyebutkan ada satu hal yang perlu diperhatikan dari Tiongkok, yaitu bagaimana mereka mengendalikan tingkat penyebaran virus corona ini, sehingga dengan segera bisa membawa perekonomiannya kembali bergerak. “Penanganan dan pengendalian pandemi inilah yang perlu ditiru sehingga akan membawa pergerakan bagi ekonomi,” ujarnya.

Pihaknya pun meyakini angka pertumbuhan ekonomi Indonesia maupun Bali ketika aktivitas ekonomi mulai pulih nanti akan menunjukkan pertumbuhan seperti ini (terutama pertumbuhan perekonomian Bali, mengingat tahun lalu kontraksi ekonomi Bali tertinggi se-Indonesia).*dik

BAGIKAN