Pertahankan Juara Umum, TP PKK Klungkung Boyong Delapan Juara di Jambore PKK

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klungkung berhasil mempertahankan gelar juara umum setelah memboyong delapan juara dalam perlombaan serangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48

PIALA - Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menyerahkan piala juara umum kepada Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta.

Semarapura (bisnisbali.com) –Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klungkung berhasil mempertahankan gelar juara umum setelah memboyong delapan juara dalam perlombaan serangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2020 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre Denpasar. Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta untuk memberikan dukungan kepada TP PKK Kabupaten Klungkung yang mengikuti perlombaan.

Keberhasilan TP PKK Kabupaten Klungkung sebagai juara umum tahun ini merupakan kali keempat, yang sebelumnya di tahun 2015, tahun 2017 dan tahun 2019 berhasil memboyong piala yang sama. Capaian ini diraih kembali TP PKK Kabupaten Klungkung yang dipimpin Ny. Ayu Suwirta bersama Ny. Sri Kasta setelah menyapu bersih delapan juara dari total delapan perlombaan yang digelar TP PKK Provinsi Bali.

Adapun jenis lomba yang dimenangkan oleh TP PKK Kabupaten Klungkung, yakni juara I lomba yel-yel 10 Program Pokok PKK, juara I lomba penyuluhan tertib administrasi, juara I lomba senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali, juara II lomba pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, juara II lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, juara II lomba penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan melalui Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK, juara III pencegahan stunting pada balita dan juara III lomba paduan suara.

Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta mengatakan tampil kembali untuk mempertahankan dan meraih juara umum bukanlah tujuan utama TP PKK Klungkung, melainkan bagaimana mampu memberikan pembinaan-pembinaan kepada anggota maupun kader PKK di bawah serta berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi. Lebih lanjut dikatakan Ny. Ayu Suwirta, prestasi ini tidak terlepas dari kerja sama semua anggota maupun kader PKK dan dukungan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta selaku Pembina TP PKK Kabupaten Klungkung.

“Dengan keberhasilan TP PKK Kabupaten Klungkung menyapu bersih juara pada delapan perlombaan di Jambore PKK ini, maka Piala Bergilir Gubernur Bali kembali lagi ke Kabupaten Klungkung. Lebih sulit mempertahankan daripada meraihnya, itu menjadi motivasi kami dalam mempersiapkan kader,” ujar Ny. Ayu Suwirta.

Ny. Ayu Suwirta berharap dengan kemenangan yang diraih ini bisa memotivasi anggota maupun kader PKK untuk berani tampil dan bersaing di tingkat nasional nanti. “Ini merupakan piala bergengsi bagi Kabupaten Klungkung, kota yang paling kecil di Provinsi Bali bisa membawa nama baik di tingkat provinsi maupun nasional. Hadiah yang diberikan sekarang ini bisa menggugah hati para kader yang lain untuk semangat mengikuti semua perlombaan dan memacu semangat kader yang ada di desa-desa,” ujar istri Bupati Suwirta ini didampingi Ny. Sri Kasta.

Sementara Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jambore ini bertujuan sebagai wahana untuk menambah wawasan pengetahuan, membangun serta membentuk dasar persahabatan, persaudaraan diantara para kader PKK di Provinsi Bali.

“Saya berharap, ke depan kegiatan PKK di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa betul-betul dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat secara riil sesuai tupoksinya, bukan hanya sekadar seremonial,” ujar Gubernur Koster.

Selain itu diharapkan jangan sampai ada pengurus PKK yang merangkap jabatan agar dapat fokus dalam menjalankan jabatan yang dipangku pada suatu organisasi yang diikuti.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster mengatakan kegiatan kali ini direkam dan akan dijadikan bahan pada saat kader PKK melakukan sosialisasi, dengan tujuan PKK itu ada, PKK itu bergerak untuk masyarakat Bali. Dikatakannya, HKG PKK ke-48 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2020 mengambil tema “Melalui Jambore Kita Tingkatkan Kinerja Kader PKK untuk Mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru”.

“Juara atau tidak, itu bukan masalah, yang terpenting para kader PKK sudah tampil prima dalam mengikuti setiap perlombaan yang dilaksanakan pada Jambore kali ini,” ujar Ny. Putri Koster. *adv/dar

BAGIKAN