Persiapan Pembukaan DTW Tanah Lot, Desa Beraban akan Bentuk Pos Vaksinasi

Desa Beraban akan membuat pos vaksinasi Covid-19 menuju zona hijau dalam persiapan pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Kediri, Tabanan.

KESIAPAN - Wabup Tabanan I Made Edi Wirawan (kanan) saat mengecek kesiapan vaksinasi di Desa Beraban yang dirancang menjadi zona hijau.

Tabanan (bisnisbali.com) –Desa Beraban akan membuat pos vaksinasi Covid-19 menuju zona hijau dalam persiapan pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Kediri, Tabanan. Pos vaksinasi ini dibentuk di masing-masing banjar yang nantinya disertai petugas yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan.

“Semisal ada 12 banjar, maka pos vaksinasi akan disiapkan sejumlah itu disertai tim atau kelompok yang ditunjuk dari Dinas Kesehatan Tabanan sebagai leading sektor kegiatan vaksinasi,” tutur Perbekel Desa Beraban, Wayan Sukariana, Kamis (25/3) kemarin.

Pembentukan pos vaksinasi ini disiapkan pada saat berlangsungnya vaksinasi. Tujuannya untuk untuk mencegah antrean atau kerumunan pada saat vaksinasi yang dilaksanakan secara serentak. “Pada pos vaksinasi kami hanya menyiapkan perlengkapan, seperti meja, fasilitas Wifi untuk pelaporan data serta menyiagakan hansip dan pecalang banjar untuk menjaga dan memonitor kegiatan selama vaksinasi berlangsung,” ungkapnya.

Sukariani menjelaskan, pos vaksinasi merupakan hasil koordinasi sebelumnya dengan pihak kabupaten agar lebih efektif dan cepat dalam pelaksanaan vaksinasi nanti. Sebab, data calon penerima vaksin Covid-19 di Desa Beraban cukup besar. Data terakhir jumlahnya mencapai 8 ribu orang lebih. Asumsinya, apabila nanti per hari mendapat jatah vaksin  150, kemudian jatah tersebut dibagi dengan jumlah banjar yang ada secara bersamaan, maka kegiatan vaksinasi Covid-19 pada hari tersebut bisa dilaksanakan dengan cepat .

Sementara itu, Rabu (24/3) lalu Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, S.E., meninjau kesiapan zona hijau di Desa Beraban. Perbekel Desa Beraban Wayan Sukariana yang hadir saat itu menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan untuk kejelasan proses vaksinasi.

Terkait hal tersebut, Wabup Edi langsung menelepon Kepala Dinas Kesehatan Tabanan. “Bagaimana pak untuk vaksinasi di Desa Beraban?” tanya Wabup Edi kepada Kadis Kesehatan I Nyoman Suratmika. Suratmika menjelaskan bahwa vaksinasi di Desa Beraban masih dalam pembahasan.

Wabup Edi berharap vaksinasi di Desa Beraban segera dilaksanakan agar masyarakat di sana bisa beraktivitas di sektor pariwisata lagi. Sebab, pihak pemerintah pusat berencana membuka destinasi wisata yang berstatus zona hijau. *man

BAGIKAN