Peringati HUT Ke-20, KSP Ema Duta Mandiri Bagikan Paket Sembako pada Anggota

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ema Duta Mandiri membagikan paket sembako kepada anggota.

Denpasar (bisnisbali.com)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ema Duta Mandiri membagikan paket sembako kepada anggota. Pemberian sembako juga dilakukan sehubungan dengan pandemi Covid-19 guna meringankan beban anggota.

Pemberian paket sembako dilaksanakan pada Jumat (10/7) kemarin, bertempat di Kantor Pusat KSP Ema Duta Mandiri, Denpasar yang diterima oleh beberapa anggota sebagai perwakilan. Kepala Pengurus KSP Ema Duta Mandiri I Wayan Murja, S.E., M.M., pada sela-sela acara mengatakan, pemberian paket sembako dilakukan secara bertahap dan juga serentak di 4 kantor cabang yang tersebar di Sesetan (Denpasar), Tabanan dan Gianyar. “Pemberian paket sembako akan dilakukan hingga Senin (13/7) nanti,” ujarnya.
Ada sekitar 1.300 paket sembako yang dibagikan. Lebih lanjut dikatakan Wayan Murja, periangatan HUT KSP Ema Duta Mandiri sebenarnya dilakukan pada setiap tanggal 18 Mei, namun dalam situasi pandemi Covid-19 ini perayaan tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya, yang tahun ini diganti dengan pemberian paket sembako pada anggota yang terdampak Covid-19. “Pemberian sembako ini mungkin kesannya agak terlambat, hal ini akibat dari pelayanan permohonan relaksasi yang membutuhkan proses cukup lama. Namun kami harapkan ini bisa bermanfaat, karena kami rasa dampak Covid-19 masih dirasakan hingga saat ini,” ungkapnya.
Demikian Wayan Murja mengakui, dampak yang dirasakan lembaga jasa keuangan dari adanya pandemi Covid-19 ini sangat luas. Selain aktivitas usaha menurun, situasi yang dihadapi juga berupa lukuiditas yang ketat hingga rentabilitas yang menurun dan akhirnya berdampak kepada seluruh kinerja keuangan menjadi terkoreksi. Meski demikian, KSP Ema Duta Mandiri dikatakannya masih tetap bisa bertahan dan meneruskan program kerja.
Beberapa program kerja tersebut di antaranya, pembangunan gedung kantor pusat Denpasar dengan 3 lantai, sistem pembayaran digital yang direncanakan akan terealisasi Agustus mendatang serta realisasi 3 program CSR yaitu pemberian bantuan sembako, sumbangan kepada satgas gotong royong dan sumbangan pembangunan parhyangan di pura-pura. Di samping itu, dalam masa pandemi Covid-19 ini KSP Ema Duta Mandiri dikatakannya juga turut membantu program pemerintah dalam penguatan ekonomi nasional (PEN) melalui penyaluran dana pinjaman bunga ringan yiatu 12 persen per tahun sliding menurun. Dana yang disalurkan sebesar Rp 8 miliar yang diperuntukan kepada anggota yang memiliki usaha produktif. “Dana tersebut kami peroleh dari pemerintah melalui LPDB-KUMKM,” imbuhnya.
KSP Ema Duta Mandiri pada tahun ini juga kembali menerima penghargaan sebagai KSP berprestasi peringkat pertama se-Provinsi Bali. Serta secara nasional, KSP Ema Duta Mandiri juga terpilih sebagai KSP berprestasi. *adv

BAGIKAN