Percepat Pemulihan Ekonomi, Vaksinasi Diharapkan Dibarengi Penguatan Modal UMKM

Dunia usaha menyambut positif upaya pemerintah yang mulai melakukan pendistribusian dan vaksinasi Covid-19.

Tabanan (bisnisbali.com) –   Dunia usaha menyambut positif upaya pemerintah yang mulai melakukan pendistribusian dan vaksinasi Covid-19. Para pengusaha menilai, vaksinasi adalah salah satu jawaban untuk menggairahkan kembali roda perekonomian. Diharapkan program vaksinasi juga dibarengi optimalisasi bantuan penguatan modal pada kalangan UMKM.

Ketua Kadin Tabanan, Loka Antara, SPT., M.Si., Jumat (15/1) kemarin, mengungkapkan, pihaknya menyambut baik upaya pemerintah yang mulai melakukan vaksinasi Covid-19. Sebab menurutnya, upaya tersebut memberi angin segar, karena jika vaksinasi bisa cepat dilakukan maka pemulihan ekonomi dan dunia usaha akan bisa cepat juga diupayakan. “Kita tentunya menyambut baik dan sangat mengapresiasi pemerintah, karena ini (vaksinasi) memberi harapan baru bagi pelaku usaha untuk ke arah yang lebih baik dari sebelumnya,” tuturnya.

Menurut Loka Antara, untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, bahkan melalui organisasi, Ketua Kadin pusat mengusulkan agar pemerintah memberi akses vaksin secara mandiri ke kalangan swasta. Upaya tersebut sekaligus dalam rangka agar pemulihan ekonomi tidak semata-mata hanya dibebankan kepada pemerintah saja.

Selain itu dia berharap, khusus di kalangan pelaku UMKM dalam upaya pemulihan ekonomi tentunya juga dibarengi dengan optimalisasi dalam penyaluran sejumlah bantuan penguatan permodalan usaha saat ini. Sebab asumsinya, pandemi Covid-19 yang sudah cukup lama berlangsung ini telah membuat banyak pelaku usaha kecil terdampak, sehingga pelaku UMKM memerlukan modal usaha dengan suku bunga ringan untuk bisa kembali bangkit maupun mengembangkan usaha sejalan dengan bangkitnya keoptimisan pelaku usaha dengan adanya vaksin Covid-19.

Dijelaskannya, saat ini Kadin Tabanan dengan menggandeng sejumlah kalangan perbankan sudah mulai bergerak untuk menyasar pelaku usaha kecil agar terbantu mengakses permodalan dengan suku bunga yang terjangkau. Harapannya, itu akan membuat serapan permodalan dengan suku bunga yang murah ini bisa optimal dijangkau oleh kalangan usaha kecil di Kabupaten Tabanan nantinya.

“Di Tabanan sendiri, memiliki banyak potensi usaha kecil yang ada dan tentunya usaha tersebut sangat berharap bantuan dari kalangan lembaga keuangan untuk bisa bertahan maupun bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 selama ini,” tandasnya. *man

BAGIKAN