*Sekat model kayu berjajar.

 Model sekat ini ditujukan untuk meminimalkan bahan baku karena banyaknya rongga yang tercipta. Sekat ini merupakan semi dinding yang dapat memantau dua aktivitas sekaligus di antara dua ruangan. Umumnya, sekat ini terbuat dari kayu yang disejajarkan secara vertikal maupun horizontal untuk memisahkan kedua ruangan.

*Sekat model dinding kayu.

Model sekat ini adalah sekat yang serupa dengan dinding, mulai dari ketinggian dan lebar, namun terbuat dari material kayu. Sifatnya semi permanen dan dianjurkan untuk tidak melakukan banyak perubahan ketika sekat ini sudah terpasang.

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan:

*Menyiapkan anggaran

Untuk membuat sekat, terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan anggaran. Menentukan anggaran sangatlah penting, tidak hanya untuk membuat berbagai jenis rumah tinggal, namun juga pada hal-hal kecil seperti sekat ruangan. Dengan merencanakan anggaran tersebut,kita dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan dana pengeluaran.

*Menentukan ruangan yang akan dipasang sekat

Menentukan ruangan yang akan dipasang dengan sekat sangat penting. Karena dari ruang tersebut, kita bisa mendapatkan informasi berupa dimensi sekat yang akan dibuat. Pengukuran ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan pengukuran pada proses ke depannya.

*Membuat desain sekat

Selain menentukan ukuran sekat, kita juga perlu membuat desain sekat yang akan dibuat dengan menggunakan jenis material kayu. Sesuaikan desain sekat tersebut dengan konsep yang digunakan pada hunian kita. Apakah mewah dan elegan, apakah natural, dan sebagainya. Desain sekat yang  terencana dan indah dapat memberikan efek tambahan serta dapat juga menyulap rumah yang awalnya biasa menjadi istimewa.

*Persiapan pembuatan

Untuk langkah pembuatan, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti lembaran kayu, paku, palu dan sebagainya. Bersihkan area kerja kita supaya tidak ada barang-barang yang mengganggu aktivitas pekerjaan.

1
2
3
BAGIKAN