Penuhi Kebutuhan Keluarga Secara Mandiri

Dalam pandemi Covid-19, masyarakat dituntut mampu memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri.

BANTUAN BIBIT - Penyerahan bantuan bibit sebagai bagian program yang menjadi target TP PKK Kabupaten Gianyar. 

Gianyar (bisnisbali.com) Dalam pandemi Covid-19, masyarakat dituntut mampu memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri.  Oleh karena itu, sebagai bagian dari program Hatinya PKK, Tim Penggerak (TP) PKK Gianyar masih fokus pada pemberian bibit tanaman. Saat ini 70 desa/kelurahan di Kabupaten Gianyar sudah mendapat bantuan Hatinya PKK. Pada  2021 mendatang ada beberapa program lagi yang menjadi target TP PKK Kabupaten Gianyar.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra menyatakan itu di sela-sela bantuan bibit tanaman Hatinya PKK di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Senin (26/10) kemarin.  Dijelaskannya, ke depannya PKK diharapkan tidak lagi menunggu bantuan. Ini dikarena harus sudah mulai bisa pembibitan sendiri.

Ny. Surya Adnyani  memaparkan, sesuai konsep Hatinya PKK yaitu  memenuhi kebutuhan keluarga yang memang dibutuhkan oleh keluarga tersebut. TP PKK memberikan tanaman sayur-sayuran seperti terong, cabai, seledri dan lain-lain.  Sayuran seperti ini murah, tetapi merupakan kebutuhan sehari-hari. Jika telah ditanam di pekarangan rumah, masyarakat tidak mesti membeli lagi. “Jika diakumulasi dari segi  biaya tentu akan sangat membantu keluarga,” ucapnya.

Ia mengapresiasi karena pergerakan ibu-ibu PKK di kecamatan dan desa sudah luar biasa. TP PKK kabupaten juga giat bergerak artinya membuat inovasi. “Gerakan, bantuan atau apa pun itu kalau tidak didukung oleh PKK kecamatan atau desa, kita tidak bisa juga berbuat apa-apa,”  kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar menyerahkan bantuan 3.000 polybag bibit tanaman Hatinya PKK yang merupakan CSR  dari PT Indonesia Power  Generation Unit, seperti bibit seledri, cabai, pepaya, terong, tomat dan tanaman pare. Bantuan ini diserahkan pada 10 desa di Kabupaten Gianyar. Masing-masing desa mendapatkan bantuan 300 bibit. *kup

BAGIKAN