Penggak PKK, Program Inovasi PKK Peduli  Warga Terdampak di Kecamatan Tampaksiring

Dengan model urunan, TP  PKK Provinsi Bali bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Gianyar mengadakan Penggak PKK untuk membantu 50 warga kurang mampu di Kecamatan Tampaksiring yang terdampak Covid-19.

PKK - TP PKK Provinsi Bali bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Gianyar mengadakan Penggak PKK untuk membantu 50 warga kurang mampu di Kecamatan Tampaksiring yang terdampak Covid-19.  

Gianyar (bisnisbali.com) –Dengan model urunan, TP  PKK Provinsi Bali bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Gianyar mengadakan Penggak PKK untuk membantu 50 warga kurang mampu di Kecamatan Tampaksiring yang terdampak Covid-19. Penggak PKK yang berlangsung di Wantilan Pura Dalem Desa Tampaksiring, Senin (15/6), dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, didampingi oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Ny. Putri Suastini Koster pada kesempatan itu mengatakan penggak itu seperti warung kaki lima dalam budaya tradisional Bali. Semua barang ditata di atas meja. Begitu pula dalam penggak kali ini. Bantuan sembako seperti beras, gula, sayur, minyak, telur, bumbu dapur dan lain-lainnya ditata di atas meja dan warga penerima bantuan bisa langsung mengambilnya.

“Penggak ini merupakan wujud kepedulian kita pada warga kurang mampu yang terdampak pandemi.  Ini dengan konsep bergotong royong.  Murni urunan dari kita TP PKK Provinsi Bali maupun kabupaten dan beberapa donatur untuk memberikan sembako pada warga terdampak,” kata Ny. Putri Koster.

Pada kesempatan itu, Suastini Koster juga menyerahkan bantuan dari TP PKK Provinsi Bali berupa bibit tanaman untuk Hatinya PKK, 500 masker, dan VCD untuk kepala desa setempat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, ini merupakan program inovasi dari TP PKK Provinsi Bali. Pihaknya di kabupaten menyambut dengan baik. Karena program ini memiliki tujuan bagaimana anggota PKK peduli pada warga terdampak Covid-19.

“Ini murni urunan dari kita-kita. Tidak memberatkan pemerintah, dan ini merupakan salah satu bentuk empati kita pada warga terdampak,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Pada penggak itu disediakan bantuan paket sembako, kebutuhan dapur seperti bumbu, sayuran, buah-buahan dan ikan. Sementara untuk data 50 orang warga penerima bantuan , menurut Ny. Surya Adnyani Mahayastra itu memang berasal dari desa, karena mereka yang benar-benar tahu siapa saja warga yang membutuhkan.

Selain bantuan paket sembako dan kebutuhan dapur lainnya, pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan 5 buah kursi roda untuk penyandang disabilitas se-Kabupaten Gianyar. Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga mengatakan kegiatan ini juga bekerja sama CSR dengan Bank BPD Bali Cabang Gianyar.

Bupati Gianyar Made Mahayastra pada kesempatan yang sama juga menyatakan salut pada ibu-ibu PKK yang telah banyak peduli pada warga terdampak melalui program-program yang menyentuh langsung ke masyarakat. Ia berharap Penggak PKK dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat. *kup

BAGIKAN