Pengelola Objek Wisata di  Candikuning Divaksinasi

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di tiga kawasan yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Tabanan menjadi skala prioritas menuju zona hijau makin masif saat ini.

Tabanan (bisnisbali.com) –Kegiatan vaksinasi Covid-19 di tiga kawasan yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Tabanan menjadi skala prioritas menuju zona hijau makin masif saat ini. Salah satunya di kawasan Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, vaksinasi sudah menyasar pengelola objek wisata yang banyak berada di kawasan tersebut.

Puluhan pelayan publik di kawasan Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Eka Karya Bali sebagai penyedia layanan di bidang pariwisata telah divaksinasi. Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dan Kepala Desa Candikuning di Wisma PLN Bedugul, Desa Candikuning, Senin (19/4) lalu.

Manajer Umum Kebun Raya Eka Karya Bali, Tito Triputra, Rabu (21/4) kemarin, mengungkapkan  seluruh karyawan pelayanan publik di Kebun Raya Eka Karya Bali yang berjumlah 75 orang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tahap pertama. Mereka adalah petugas pelayanan pelanggan, tiket, pemandu, supir dan petugas keamanan. “Kami berharap kegiatan vaksinasi ini dapat memberikan motivasi bagi karyawan agar kembali melakukan aktivitas dengan maksimal, namun tetap dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan vaksinasi ini dapat memberikan rasa lebih aman dan nyaman bagi para pengunjung Kebun Raya Eka Karya Bali. Risiko karyawan terpapar Covid-19 pun dapat lebih diminimalisir. Di bagian lain, Tito Triputra minta seluruh pelaku sektor pariwisata di Bali bisa mendapatkan prioritas vaksinasi agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara dapat segera berkunjung ke Bali.

Menurutnya, jangan dilupakan bahwa setelah mendapatkan vaksin bukan berarti seseorang kebal terhadap virus.  Jadi, harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Jika komitmen vaksinasi dan protokol kesehatan sudah diwujudkan, wisatawan sudah siap berwisata aman di Kebun Raya Eka Karya Bali,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Perkumpulan Daya Tarik Wisata (PDTW) Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika. Dijelaskannya, kegiatan vaksinasi tahap I sudah menyentuh 100 persen karyawan di kawasan PDTW Ulun Danu Beratan. Vaksinasi Covid-19 juga sudah menyasar para pedagang di kawasan parkir objek yang mengandalkan keindahan danau yang jumlahnya 33 orang, pengayah pura dan semua pelaku wisata di Desa Candikuning.

Sementara itu, terkait wacana dibukanya kembali penerbangan internasional pada Juli mendatang, pihaknya memprediksi tidak akan serta-merta mampu menaikkan angka kunjungan secara signifikan. “Kunjungan mungkin naik, namun tidak lebih dari 30 persen karena kondisi kelesuan ekonomi yang juga dialami oleh negara lain,” pungkasnya. *man

BAGIKAN