Penerapan CHSE Ikuti Ketentuan Kemenpar

Dalam masa pandemi Covid-19, seluruh industri pariwisata di Kabupaten Gianyar wajib menerapkan protokol kesehatan termasuk Program Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

WAJIB - Industri pariwisata di Gianyar wajib menerapkan standar CHSE dalam adaptasi kebiasaan baru.

Gianyar (bisnisbali.com) – Dalam masa pandemi Covid-19, seluruh industri pariwisata di Kabupaten Gianyar wajib menerapkan protokol kesehatan termasuk Program Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability). Penerapan CHSE mengikuti ketentuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Repubik Indonesia.

Hal itu disampaikan Kadisparda Gianyar A.A. Gde Putrawan, Kamis (26/11) kemarin. Diungkapkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendaftarkan Program Sertifikasi CHSE. Program Sertifikasi CHSE sebagai salah satu strategi menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru.

Dijelaskannya,  standar CHSE juga merupakan bagian dari penerapan standar protokol kesehatan. Sertifikasi CHSE berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Gde Putrawan memaparkan, Pemkab Gianyar sebelumnya sudah mengarahkan seluruh industri pariwisata agar siap memasuki tatanan kehidupan era baru. Seluruh akomodasi dan daya tarik wisata di Gianyar wajib menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan standar CHSE.

Sesuai petunjuk teknis Kementerian Pariwisata, untuk tahap awal ini sertifikasi CHSE akan diprioritaskan untuk usaha hotel, restoran/rumah makan, pondok wisata/homestay dan daya tarik wisata. Standar CHSE selanjutnya diterapkan untuk usaha wisata arung jeram, usaha wisata selam, usaha lapangan golf dan desa wisata.

Ditegaskannya,  industri pariwisata di Gianyar wajib menerapkan standar CHSE. Ini diatur dalam  Peraturan Menteri (Permen) Pariwisata dan Ekonomi Krearif Nomor 13 Tahun 2020 tentang Standardisasi dan Sertifikasi  CHSE. *kup

BAGIKAN