Pendidikan Karakter Penting di Semua Mapel

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekankan kepada institusi pendidikan, yakni sekolah-sekolah agar pendidikan karakter diberikan di semua mata pelajaran (mapel).

KARAKTER - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekankan agar pendidikan karakter diberikan di semua mata pelajaran (mapel).

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekankan kepada institusi pendidikan, yakni sekolah-sekolah agar pendidikan karakter diberikan di semua mata pelajaran (mapel). Hal tersebut disampaikan pada saat menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-23 SMA Negeri 2 Semarapura bertempat di Wantilan Dharma Usada SMAN 2 Semarapura.

Pendidikan karakter sangat penting dan perlu diberikan di tiap mata pelajaran sebagai pondasi yang kuat dalam mendidik generasi muda. “Luangkan waktu lima sampai sepuluh menit di jam pelajaran dengan mengisi pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi pondasi dasar dalam mendidik generasi muda, sehingga menjadi generasi yang berpendidikan, berbudi pekerti dengan karakter pribadi yang baik,” ujar Suwirta.

Semua guru dan kepala sekolah harus menjadi kader-kader “pesaja” (kesungguhan) atau wujud keseriusan dalam menekuni sebuah pekerjaan. Pejasa dalam rasa memiliki sekolahnya, serta pesaja dalam mendidik dan memiliki siswa. “Jadi pemimpin atau kepala sekolah itu harus pesaja menjalankan kewajiban sebagai pemimpin di sekolah dengan memberikan yang terbaik dan jangan menjadi yang terbaik,” tegasnya.

Pihaknya juga menginstruksikan langsung dalam menghadapi virus corona (Covid 19) ini agar semua sekolah, instansi dan pelayanan publik menyiapkan antiseptik di tiap pintu masuk untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Semua ini bertujuan untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. *dar

BAGIKAN