Pemenang Pilkada Tabanan Diharapkan Peduli Pertanian

Ketua Kadin Tabanan Loka Antara, S.Pt., M.Si., berharap siapa pun pemenang dalam Pilkada Kabupaten Tabanan agar memiliki kepedulian terhadap sektor pertanian.

Loka Antara

Tabanan (bisnisbali.com) –Ketua Kadin Tabanan Loka Antara, S.Pt., M.Si., berharap siapa pun pemenang dalam Pilkada Kabupaten Tabanan agar memiliki kepedulian terhadap sektor pertanian. Hal tersebut sejalan dengan kondisi Kabupaten Tabanan sebagai daerah lumbung pangan dan sekarang ini pertanian menjadi sektor yang berperan penting dalam rangka bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

“Siapa pun yang terpilih atau pemenang Pilkada Tabanan ini, kami harap Bupati mendatang memiliki kepedulian pada sektor pertanian. Kepedulian kepada pertanian ini sejalan dengan program Kadin nasional yang menyasar dan menggerakkan pembangunan desa dalam rangka menggeliatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Loka Antara, Rabu (9/12).

Setelah pelantikan Bupati terpilih nanti, Kadin Tabanan akan audiensi untuk menyampaikan program sebagai bentuk kerja sama sekaligus dukungan kepada pemerintah daerah untuk kepemimpinan ke depan. Program yang disampaikan tentunya terkait upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa, khususnya pada sektor pertanian. Salah satunya menyangkut keterjaminan irigasi atau pengairan sawah sebagai syarat utama terciptanya kontinuitas produksi.

Menurutnya, saat ini seiring alih fungsi lahan yang terjadi berdampak buruk terhadap ketersediaan pengairan sawah atau irigasi. Akibatnya, sejumlah sentra produksi pertanian tidak lagi melakoni usaha tani di lahan basah, namun sudah beralih ke lahan kering bahkan ke sektor usaha lainnya. “Karena air tidak mencukupi untuk produksi pertanian sawah, membuat banyak yang beralih ke sektor lain termasuk di luar produksi pertanian,” ujarnya.

Bupati Tabanan yang terpilih nanti, lanjut  Loka Antara, juga harus menjamin harga yang terjangkau dan ketersediaan pupuk sebagai penunjang produksi. Sebab, pemerintah bisa mensubsidi sehingga biaya produksi yang ditanggung petani lebih murah.

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan investasi, ia mengharapkan perizinan dipermudah karena selama ini  birokrasi masih terlalu panjang dan itu menghambat para pelaku usaha dan tidak menjadi menarik bagi calon investor untuk berusaha di Kabupaten Tabanan. Menurutnya, investasi yang meningkat akan membuat kesempatan kerja semakin besar nantinya.

Kadin Tabanan akan terus mendorong geliat ekonomi akibat pandemi. Salah satunya dengan menggelar temu usaha di berbagai bidang. Temu usaha ini mengajak berbagai pelaku usaha yang terlibat dalam Kadin untuk dipertemukan dengan pihak pemerintah dan dengan kelompok petani sebagai produsen. “Kami sudah lakukan penjajakan beberapa produk pertanian. Tabanan memiliki potensi untuk memaksimalkan ekspor produk pertanian,” tegasnya.

Loka  Antara menambahkan, saat ini upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya bisa dilakukan jika cara yang dilakukan berimbas pada terjadinya multiplayer efek. Artinya, ada perputaran uang  melalui produk unggulan di masing-masing daerah. Kabupaten Tabanan sangat memiliki potensi tersebut dan berpotensi menembus pasar ekspor sebagai daya dukung untuk menggeliatkan pertumbuhan ekonomi nasional. *man

BAGIKAN