Pembangunan Kantor BKS LPD Karangasem, Bank BPD Bali Bantu Rp 100 Juta

PIHAK Badan Kerja Sama Lembaga Perkreditan Desa (BKS LPD) Kabupaten Karangasem sedang  membangun gedung kantor yang berlokasi di Banjar Abiansowan, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem. 

SERAHKAN BANTUAN - Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setiayasa (kiri) menyerahkan bantuan yang diterima Ketua BKS LPD Karangasem Made Mastiawan.

PIHAK Badan Kerja Sama Lembaga Perkreditan Desa (BKS LPD) Kabupaten Karangasem sedang  membangun gedung kantor yang berlokasi di Banjar Abiansowan, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem.  Pihak manajemen Bank BPD Bali pun menyerahkan dana bantuan pembangunan  Rp 100 juta yang diterima langsung Kepala BKS LPD Kabupaten Karangasem Drs. I Made Mastiawan disaksikan puluhan Ketua LPD di Karangasem, Jumat (13/11).

Penyerahan dana bantuan itu dilakukan Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setiayasa, S.Kom., M.M., didampingi Kepala Cabang Bank BPD Bali Kabupaten Karangasem I Ketut Andayana Kusuma Yasa. Atas penyerahan dana bantuan tersebut, Mastiawan yang juga Kepala LPD Sibetan menyampaikan terima kasih. ‘’Terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang selama ini sudah dilakukan pihak Bank BPD Bali,’’ kata Mastiawan.

Menurutnya, dalam situasi persaingan ke depan, LPD dan  Bank BPD Bali harus terus bekerja sama dengan masyarakat adat. Sebab, itulah kekuatan ekonomi besar di Bali. ‘’Kita perlu meningkatkan daya saing, menghadapi situasi ke depan,’’ ujarnya.

Mastiawan menyatakan, dari 190 LPD di Desa Adat Kabupaten Karangasem, sebanyak 80 sudah memakai  sistem IT yang sama. Pihaknya di LPD Sibetan juga sudah menggunakan ATM. Dalam rangka meningkatkan daya saing, salah satunya melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola LPD,  pihaknya juga berharap ada kerja sama pihak Bank BPD Bali dengan LPD dalam hal pembangunan kualitas SDM LPD.

Disampaikannya, gedung Kantor BKS LPD yang dibangun nantinya juga diharapkan sebagai tempat berbagai jenis pelatihan dalam rangka meningkatkan daya saing LPD di Karangasem.  Pembangunan gedung  menyerap anggaran Rp 2,2 miliar. Dana pembangunan berasal dari setoran dana sosial  5 persen dari keuntungan LPD ke BKS LPD.  Pembangunan digagas sejak 2016, dimulai dari pengumpulan dana dan juga bantuan dari donatur.  Ditambahkannya, sampai saat ini total aset semua LPD di Karangasem tercatat Rp 1,6 triliun, dengan laba total dilaporkan Rp 27,3 miliar.

Sementara itu, Direktur Operasional  Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setiayasa menyatakan, terkait ajakan kerja sama BKS LPD Karangasem dengan Bank BPD dalam rangka meningkatkan daya saing, pihaknya sepakat. Demikian juga dalam hal kerja sama untuk peningkatan SDM LPD sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Melalui kerja sama dan sinergi IT antara BPD dan LPD, pajak-pajak daerah dan retribusi, yang selama ini para wajib pajak datang ke kantor layanan Bank BPD  menggunakan channel BPD, ke depan tidak perlu datang ke BPD dan tidak  perlu lagi  ke layanan BPD, tetapi langsung menggunakan digital channel LPD. ‘’Begitulah nantinya sinergi, transformasi IT dalam hal memperkuat daya saing. Dari segi finansial LPD sudah bagus. Dalam rangka meningkatkan daya saing ke depan, sinergi harus terus dikuatkan,’’ ungkap Ida Bagus  Setiayasa. *adv

BAGIKAN