Pembangunan Gedung BKS-LPD Karangasem Ditarget April 2020  

-Badan Kerja Sama (BKS)-LPD Kabupaten Karangasem telah merencanakan pembangunan gedung untuk digunakan sebagai tempat pertemuan dan pelatihan sejak lebih dari 5 tahun lalu.

Amlapura (bisnisbali.com) –Badan Kerja Sama (BKS)-LPD Kabupaten Karangasem telah merencanakan pembangunan gedung untuk digunakan sebagai tempat pertemuan dan pelatihan sejak lebih dari 5 tahun lalu. Realisasi pembangunan gedung ini akan dilakukan pada tahun ini yang ditargetkan pada April mendatang pembangunan sudah mulai.

Koordinator BKS-LPD Kabupaten Karangasem, I Made Mastiawan, Selasa (4/2) mengatakan, ide pembangunan BKS-LPD Kabupaten Karangasem berasal dari kesepakatan pengurus untuk memudahkan koordinasi dan urusan kelembagaan. “Ide tersebut dimulai setelah adanya dana pemberdayaan ke masing-masing koordinator di kabupaten/kota yang sebagian dari dana tersebut kita sisihkan untuk pembangunan gedung dan sebagian kita gunakan untuk pemberdayaan, seperti pelatihan,” ungkapnya sembari mengatakan penyisihan dana mulai dilakukan sejak 5 tahun lalu.

Selain dasar tersebut, lanjut Mastiawan, melihat kabupaten lainnya telah dan mulai membangun gedung, keinginan untuk membangun gedung BKS-LPD di Kabupaten Karangasem menjadi lebih tinggi yang ditargetkan akan direalisasikan pada tahun ini.

Demikian dikatakannya, untuk lahan yang akan digunakan sudah tersedia dengan luas 15 are. Dari 15 are tersebut, 8 are akan digunakan untuk gedung dan sisanya akan diuangkan kembali yang dananya akan difungsikan untuk biaya membuat bangunan. Pembangunan gedung BKS-LPD Kabupaten Karangasem direncanakan akan menghabiskan biaya Rp2 – Rp3 miliar hingga final dan gedung bisa difungsikan.

Saat ini pihaknya mengaku masih pada tahap pengumpulan dana. Ada tiga upaya untuk mengumpulkan dana tersebut. Pertama dana awal yang didapat dari penyisihan dana pemberdayaan sejak 5 tahun lalu ditambah dana penjualan lahan. Selanjutnya atas persetujuan bersama, LPD di Kabupaten sepakat untuk menyisihkan 5 persen dari dana sosial yang dimiliki. Dan upaya pengumpulan dana ketiga yaitu melalui sumbangan dari karyawan LPD se-Kabupaten Karangasem yang menyisihkan pendapatannya.

Mastiawam mengatakan, pembangunan gedung ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang dan telah bisa difungsikan. Selain untuk kegiatan BKS-LPD, gedung ini direncanakan juga bisa dimanfaatkan kegiatan lain, baik itu dari kegiatan Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD ataupun kegiatan dari majelis madya dan sebagainya yang dikatakan gedung ini akan dapat difungsikan sebagai gedung bersama. *wid

BAGIKAN