Pelatihan Barista, Modal Cari Kerja dan Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian RI bekerja sama dengan Dinas Perindag Kabupaten Gianyar yang difasilitasi oleh anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta, S.H. dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar,

DIKLAT - Diklat 3In1 pengolahan dan penyajian kopi (barista).

Gianyar (bisnisbali.com) –Kementerian Perindustrian RI bekerja sama dengan Dinas Perindag Kabupaten Gianyar yang difasilitasi oleh anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta, S.H. dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, menggelar Diklat 3In1 (pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja) pengolahan dan penyajian kopi (barista) di Balai Diklat Industri Denpasar, Selasa (1/6) kemarin.

Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat meninjau Diklat 3In1 tersebut mengungkapkan, pelatihan berlangsung selama tujuh hari (27 Mei-2 Juni) dan diikuti 50 orang. Peserta berasal dari kalangan anak muda milenial seperti sekolah pariwisata, SMK, hotel dan kalangan profesional di Gianyar.

Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelatihan barista dapat dijadikan modal oleh para peserta untuk menjadi wira usaha atau entrepreneur muda di bidang seni meracik kopi. “Pelatihan ini kami sebut 3In1 karena peserta tidak hanya dilatih meracik kopi, namun juga mengikuti uji kompetensi dari penguji profesional. Jadi, pelatihan ini dapat dijadikan dasar mencari pekerjaan atau menciptakan peluang kerja sendiri,” ucap Ny. Adnyani Mahayastra.

Ia berharap peserta bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan dan setelahnya keterampilan  yang didapat tidak diendapkan begitu saja, namun harus dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha. Pihaknya tidak akan pernah berhenti berupaya membantu anak-anak muda dan pelaku UMKM di Kabupaten Gianyar dengan memberikan berbagai jenis pelatihan yang bermanfaat bagi mereka.

Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta menyampaikan, pelatihan barista untuk 50 pemuda milenial ini dilanjutkan dengan uji kompetensi. “Jika lulus, mereka layak menyandang predikat barista dengan standar kerja di sembilan negara,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini, Ny. Adnyani Mahayastra bersama Nyoman Parta didampingi Kadis Perindag Gianyar  Luh Gede Eka Suary, Kepala Balai Diklat Industri Kementerian Perindustrian RI Zya Labiba serta beberapa pengurus Dekranasda Gianyar. *kup

BAGIKAN