Pelaku Pariwisata Diminta Tetap Berikan Layanan Prima

Wabah virus corona tidak hanya terjadi di Tiongkok tetapi sudah meluas sampai ke Jepang

Denpasar (bisnisbali.com)-Wabah virus corona tidak hanya terjadi di Tiongkok tetapi sudah meluas sampai ke Jepang. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa, mengatakan pelaku pariwisata yang bersentuhan langsung dengan wisatawan diminta tetap memberikan pelayanan prima.

Diungkapkannya, pemerintah sudah berpengalaman menangani penyakit menular termasuk SARS. Masyarakat dan pelaku pariwisata mesti tetap yakin pemerintah mampu mengantisipasi virus corona.

Astawa menjelaskan virus corona ini sudah menjadi ancaman global. Setiap negara termasuk Indonesia sudah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus corona.

Ia mencontohkan Bali sudah memasang thermo scanner. Pengecekan kesehatan terutama suhu tubuh wisatawan yang masuk ke Bali untuk memastikan virus corona tidak masuk ke Bali.

Menurut Astawa, semua wisatawan yang berlibur dan menginap di Bali mesti tetap diberikan layanan prima. Wisatawan yang masuk dan berlibur di Bali diyakinkan sehat. ” Jika terdapat wisatawan yang sakit saat menginap, manajemen hotel sesuai SOP wajib membawa wisatawan ke rumah sakit terdekat,” ucapnya.

Ia melihat wisatawan yang berlibur dari berbagai negara. Pelaku pariwisata tidak perlu canggung melayani wisatawan yang berlibur di Bali. Indonesia dan Bali masih aman dari virus corona.

Putu Astawa menambahkan pelaku pariwisata wajib menjaga kebersihan dan kesehatan. Pelaku pariwisata baik guide maupun pelayan hotel dan pelayanan restoran  yang dalam kondisi sehat tidak akan terular virus corona jika bersentuhan langsung dengan wisatawan.*kup

BAGIKAN