Pedagang Eks Lapangan Alit Saputra Tempati Lahan Baru di Terminal Pesiapan  

Para pedagang yang sebelumya berjualan di lapangan Alit Saputra Banjar Dangin Carik, Kecamatan Tabanan, sudah mulai pindah dan berjualan di Terminal Pesiapan.

PESIAPAN-Suasana Terminal Pesiapan yang dijadikan tempat relokasi pedagang di Lapangan Alit Saputra.

Tabanan (bisnisbali.com) –Para pedagang yang sebelumya berjualan di lapangan Alit Saputra Banjar Dangin Carik, Kecamatan Tabanan, sudah mulai pindah dan berjualan di Terminal Pesiapan. Selain di Terminal Pesiapan, ada sejumlah pedagang yang juga ditempatkan di Terminal Tuakilang.

“Hari ini mereka (pedagang eks Lapangan Alit Saputra) sudah mulai berjualan di Terminal Pesiapan dan Terminal Tuakilang,” tutur Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Tabanan Ni Wayan Primayani.

Dikatakan,  sebelum pemindahan tersebut sudah dilakukan pendataan jumlah pedagang yang sebagian merupakan pedagang bermobil. Hasilnya tercatat ada sekitar 105 pedagang. Imbuhnya, jumlah tersebut kemudian dibagi karena menyangkut daya tamping, sehingga yang berjualan di Terminal Pesiapan hanya bisa 92 pedagang dan sisanya berjualan di Terminal Tuakilang mencapai 18 pedagang bermobil dan ada 83 pedagang bukan mobil.

Jelas Prima, pedagang yang menempati Terminal Pesiapan ini merupakan pedagang bermobil yang sebelumnya telah berjualan lama di kawasan Pasar Dauh Pala dan Pasar Kediri, namun karena upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) mereka (pedagang) tersebut dipindahkan ke Lapangan Alit Saputra. Sementara katanya, saat ini untuk pedagang yang menempati Terminal Tuakilang adalah merupakan pedagang baru.

“Realokasi pedagang ini merupakan sebagai upaya mencegah kerusakan di Lapangan Alit Saputra dan terkait untuk berapa lama pedagang ini akan berjualan di dua terminal tersebut, saat ini belum ada batas waktu,” tandasnya.

Tambahnya, setelah realokasi pedagang di dua terminal tersebut, pihaknya menegaskan tidak akan ada lagi penambahan jumlah pedagang. Sebab, daya tampungnya sudah penuh.

“Jumlah pedagang yang ada saat ini sudah sesuai dengan daya tampung, dan mereka buka sesuai dengan intruksi Bupati menyangkut pembatasan oprasional pasar di tengah upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tandasnya. *man 

BAGIKAN