Pasokan Tersedia, Harga Bumbu Dapur justru Naik

Harga bumbu dapur khususnya bawang merah dan bawang putih di pasaran mengalami kenaikan. Saat ini mencapai Rp45.000 per kilogram baik bawang merah ataupun bawang putih. 

BUMBU - Penjualan bumbu dapur di Pasar Badung.

Denpasar (bisnisbali.com) –Harga bumbu dapur khususnya bawang merah dan bawang putih di pasaran mengalami kenaikan. Saat ini mencapai Rp45.000 per kilogram baik bawang merah ataupun bawang putih.

Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Badung Ni Wayan Wandri, saat ditemui Senin (30/3) mengaku, pasokan bawang merah ataupun bawang putih lancar, tidak ada kelangkaan. Namun dikatakannya harga tinggi. Sebelumnya harga bawang merah Rp30.000 per kilogram dan bawang putih Rp35.000 per kilogram.

Menurutnya, tingginya harga bawang merah dan bawang putih saat ini, dikarenakan pengiriman dari luar Bali masih belum lancar. Saat ini pasokan di pasaran memanfaatkan stok yang ada di gudang. “Jadi mungkin karena itu harga tinggi, karena hanya memanfaatkan stok yang ada,” ungkapnya.

Wandri juga mengatakan, pembelian yang masih lesu juga menyebabkan tidak terbatasnya pasokan. Menurutnya, hingga saat ini pasar masih sepi, permintaan masyarakat masih sedikit, terlebih lagi banyak hotel dan restoran yang tutup.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang bumbu lainnya Ni Ketut Murci. Dia mengatakan, saat ini pasokan lancar. Namun harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan, yang juga dijualnya Rp45.000 per kilogram.

Meski demikian, harga komoditi lainnya seperti cabai dikatakannya sudah turun. Harga cabai saat ini Rp50.000 per kilogram yang sebelumnya sempat Rp65.000 per kilogram. Cabai besar yang sebelumnya hingga Rp70.000 per kilogram, turun menjadi Rp25.000 per kilogram. Demikian pula tomat, yang sebelumnya Rp13.000 per kilogram sudah turun menjadi Rp10.000 per kilogram. *wid

BAGIKAN