Pasokan Lancar, Harga Buah Impor Turun

Pasokan buah impor di pasaran mulai lancar dan membuat harganya berangsur turun. Namun, permintaan masih belum pulih karena sebagian besar pedagang mengaku sepi pembeli.

Penjualan buah di Pasar Badung.

Denpasar (bisnisbali.com) –Pasokan buah impor di pasaran mulai lancar dan membuat harganya berangsur turun. Namun, permintaan masih belum pulih karena sebagian besar pedagang mengaku sepi pembeli.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Badung Sang Ayu Anggawati, saat ditemui Jumat (24/4)  mengatakan, beberapa jenis buah impor sudah mulai lancar kedatangannya, terutama buah asal Tiongkok. Dia pun mengatakan harga sudah berangsung normal, seperti halnya lemon yang saat ini sudah mencapai Rp50.000 per kilogram. “Sebelumnya kan sempat Rp120.000 per kilogram,” ungkapnya sembari mengatakan harga normal lemon Rp30.000 per kilogram.

Demikian juga jenis buah lainnya, seperti jeruk mandarin yang saat ini Rp35.000 per kilogram yang sebelumnya sempat Rp90.000 per kilogram. Termasuk jenis apel fuji saat ini Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram. “Harga buah yang datang dari Tiongkok sudah mulai normal. Tidak seperti sebelumnya melambung,” terangnya.

Meski harga buah impor saat ini sudah turun, dia mengaku penjualan masih minim. Belum banyak pembeli yang datang. Hal ini, menurutnya, dikarenakan beberapa faktor seperti perekonomian masyarakat masih lemah, serta belum bergeraknya pariwisata.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang buah lainnya, Jro Wiwik. Dia mengatakan beberapa harga buah saat ini sudah turun, khususnya impor. Diakuinya, saat ini pasar masih sepi. “Meski sudah murah, pembeli masih sedikit. Ya semoga situasi sehera pulih,” ujarnya. *wid

BAGIKAN