Partisipasi Masyarakat Karangasem dalam Sensus Online 2020 Lampaui Target

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI,  Rabu (5/8) berkat partisipasi masyarakat Karangasem pada Sensus Penduduk Online (SPO) 2020.

BPS - Bupati Karangasem, staf dan Kepala BPS saat penyerahan penghargaan SP online 2020.

Amlapura (bisnisbali.com) –Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI,  Rabu (5/8) berkat partisipasi masyarakat Karangasem pada Sensus Penduduk Online (SPO) 2020.  Masyarakat yang mengisi sensus online itu mencapai 27,17% yakni sebanyak 113,8 ribu jiwa dari 418,8 ribu total  penduduk Karangasem.

Capaian tersebut melampaui target awal yang ditentukan sebesar 17,46%. Target terlewati, berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Karangasem dan seluruh penduduk Karangasem yang telah berpartisipasi dalam SPO. Piagam diserahkan oleh Kepala BPS Karangasem,  Komang Bagus Pawastra di Kantor Bupati Karangasem disaksikan Asisten II,  Kepala BPKSDM, Kadis Dukcapil dan Kabag Administrasi Pemerintahan.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPS Kabupaten Karangasem yang sudah bekerja dengan penuh totalitas, dedikasi dan kerja sama melakukan sinergi dengan jajaran Pemkab Karangasem,  sehingga tahun 2020 telah mampu dan selesai melaksanakan sensus penduduk online.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari jajaran BPS Karangasem dengan jajaran kami di Pemerintah Kabupaten Karangasem sampai target awal terlampaui melebihi 25%,’’  ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Karangasem Bagus Pawastra mengatakan Sensus Penduduk Online (SP online) merupakan proses bisnis ketiga dalam rangkaian proses bisnis Sensus Penduduk (SP2020) setelah proses bisnis pertama Koordinasi dan Konsolidasi serta proses bisnis kedua penyiapan basis data dasar.

Pada tahapan SP Online, masyarakat diminta untuk mengisi data diri dan keluarganya secara mandiri pada website SP2020, sensus.bps.go.id. SP online semula dijadwalkan berlangsung selama 46 hari, dari 15 Februari – 31 Maret 2020. Namun, karena pandemi Covid-19 dan arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing, maka jadwal pelaksanaan SP Online diperpanjang hingga 29 Mei 2020  atau 105 hari. Tercatat sebanyak 113.841 penduduk atau 27,17% dari 418.986 penduduk Kabupaten Karangasem telah berpartisipasi dalam SP Online itu.

Untuk ASN yang telah berpartisipasi SP Online berjumlah 8.749 orang atau 77,49 persen dari total ASN Karangasem. Terdapat 480 instansi/dinas/bagian di lingkungan berpartisipasi  pada SP online itu. Tercatat 103 instansi/dinas/bagian yang seluruh pegawainya berpartisipasi dalam SP online. Instansi dengan capaian di bawah 50 persen sebagian besar merupakan instansi pendidikan pada kecamatan yang susah sinyal.

Sedangkan jumlah murid SMA/SMK dan STKIP yang telah berpartisipasi dalam SP Online terdapat 5.182 siswa sma/smk dan STKIP Kabupaten Karangasem yang berpartisipasi. SMA/SMK di Kecamatan Karangasem tercatat menjadi kontributor terbanyak yang berpartisipasi dalam SP online.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Karangasem beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Karangasem yang telah memberikan dukungan menyukseskan Sensus Penduduk 2020 Online. Terima kasih pula untuk seluruh masyarakat Karangasem yang telah berpartisipasi dalam sejarah mencatat Indonesia secara online melalui Sensus Penduduk Online di tahun 2020,” imbuhnya.

Dikatakan, bagi masyarakat yang belum berpartisipasi, akan dilaksanakan kegiatan pendataan Sensus Penduduk pada September 2020 melalui mekanisme pendataan lapangan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. “Petugas sensus penduduk 2020 akan datang ke rumah setiap penduduk untuk melakukan verifikasi keberadaan penduduk,” terang Pawastra. *adv

BAGIKAN