Panudiana Kuhn, Geliatkan Ekspor

EKONOMI Bali mesti bangkit dalam masa pandemi Covid-19. Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Provinsi Bali Panudiana Kuhn mengatakan, semua pelaku usaha yang bergerak dalam kancah ekspor bisa lebih mengoptimalkan kegiatan ekspor.

Diungkapkannya, ekspor mesti terus digeliatkan karena sektor pariwisata Bali sedang mengalami penurunan. Melalui pemasaran produk ekspor ke mancanegara ekonomi Bali bakal kembali tumbuh dan berkembang.  Berbagai jenis produk dari Bali memiliki nilai plus untuk dipasarkan ke luar negeri di antaranya kerajinan tangan, garmen dan  ikan.

Dewan Pembina Apindo Bali ini memaparkan, ekonomi Bali akan bangkit melalui geliat kegiatan ekspor.  Produk dari Bali bisa diekspor ke Los Angeles, Amerika Serikat. Pengiriman produk ekspor ke Los Angeles membutuhkan waktu 6-8 Minggu. Barang dari Bali diberangkatkan dengan truk ke Surabaya melewati Singapura sebelum menuju Los Angeles.

Panudiana Kuhn meyakini produk dari Bali mampu menembus pasar ekspor.  Ia mencontohkan produk garmen dan kerajinan yang sudah banyak menembus pasar Los Angeles. *kup

BAGIKAN