Pantau Perkembangan Bantuan Bibit PKK

Awal tahun 2020 tepatnya Februari, melalui dana APBD Kabupaten Gianyar dan dana bantuan dari TP PKK Provinsi Bali, TP PKK Kabupaten Gianyar telah turun ke desa-desa untuk melaksanakan program Hatinya PKK.

Gianyar (bisnisbali.com) –Awal tahun 2020 tepatnya Februari, melalui dana APBD Kabupaten Gianyar dan dana bantuan dari TP PKK Provinsi Bali, TP PKK Kabupaten Gianyar telah turun ke desa-desa untuk melaksanakan program Hatinya PKK. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, saat acara webinar (seminar virtual/online) Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK untuk menunjang peningkatan pendapatan keluarga di masa pandemi Covid 19, di Commad Center Kantor Bupati Gianyar, Sabtu (3/10) mengatakan 9 bulan lalu berbagai jenis bantuan bibit tanaman telah diberikan untuk ditanam di pekarangan rumah. Kini tanaman itu telah tumbuh dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan keluarga.

Diungkapkannya, untuk memantau perkembangan bantuan bibit yang telah diberikan, TP PKK Kabupaten Gianyar juga telah melakukan monev ke 24 desa yang telah mendapatkan bantuan tanaman Hatinya PKK. Monev berlangsung selama 3 hari berturut-turut, yakni dari 21 September hingga 23 September. “Hasilnya sangat menggembirakan, selain sudah panen, tidak sedikit dari mereka yang sudah mulai pembibitan lagi,” ucapnya.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan terima kasih atas semangat masyarakat dalam memanfaatkan bibit tanaman yang diberikan. Seperti di Kelurahan Samplangan selain bantuan bibit, mereka secara swadaya menambah jenis tanaman yang ditanam. Bahkan tidak sedikit yang mempunyai lahan sempit, mereka menata pekarangan menggunakan rak bertingkat.

“Saya sangat berterima kasih atas semangat masyarakat, bahkan ada di Desa Singakerta Ubud mereka berhasil membuat tanaman persilangan antara terong kokak, terong ungu, terong putih dan tomat yang ditempel dalam satu pohon,” kata Ny. Adnyani Mahayastra bangga.

Melihat semangat inilah, istri dari Bupati Gianyar Made Mahayastra kembali ingin mengajak masyarakat untuk memanfaatkan atau mengolah hasil panen menjadi sesuatu produk yang bermanfaat bahkan mempunyai nilai jual. Melalui webinar yang diikuti oleh anggota TP PKK desa/kelurahan, PKK Kecamatan, organisasi wanita di Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mencoba membagi ilmu pada masyarakat dengan menghadirkan narasumber Prof. Wayan Suparta, Tim Ahli Pembangunan Gianyar.

Dengan membawakan materi tentang budi daya tanaman Hatinya PKK guna meningkatkan perekonomian dan pendapatan keluarga. Di samping itu ada narasumber dari praktisi lingkungan hidup Ir. I.A Rusmarini, dengan materi pengolahan dan pemanfaatan tanaman Hatinya PKK dalam menjaga serta meningkatkan imun keluarga dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

“Beragam bibit yang kami berikan agar tidak hanya dimanfaatkan begitu saja, seperti dipakai sayur, ataupun sebagai bumbu dapur, namun bisa juga diolah menjadi produk lain yang tentu saja tidak mengubah nilai gizinya,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Pada webinar Surya Adnyani kembali mengingatkan pada seluruh peserta, tentang konsep taman Hatinya PKK , yaitu menata halaman pekarangan menjadi asri, teratur, indah dan nyaman. Hendaknya bantuan tanaman yang diberikan jangan ditanam di halaman belakang rumah, namun hendaknya ditata menjadi taman di halaman rumah. *kup

BAGIKAN