Pantau Pelaksanaan Pilkada Badung 2020 , Sekda Adi Arnawa Pastikan Pilkada Aman dan Patuhi Prokes

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa memantau pelaksanaan pilkada Badung tahun 2020 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kecamatan Petang, Abiansemal dan Mengwi, Rabu (9/12)

PILKADA - Sekda Adi Arnawa saat memantau pelaksanaan pilkada Badung tahun 2020 di salah satu TPS, Rabu (9/12).

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa memantau pelaksanaan pilkada Badung tahun 2020 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kecamatan Petang, Abiansemal dan Mengwi, Rabu (9/12). Dari pemantauan TPS ini, Sekda Adi Arnawa memastikan pelaksanaan pilkada Badung berlangsung aman dan telah mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 yang ketat. Dalam pemantauan tersebut, Sekda didampingi pimpinan organisasi perangkat daerah terkait, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. I Made Alit Yudana dan Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani.

Pemantauan dimulai dari TPS 01 Br. Pelaga yang merupakan tempat memilih Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama keluarga. Pemantauan dilanjutkan ke TPS 7 di Wantilan Desa Carangsari, Kecamatan Petang, TPS 15 Br. Blungbang Desa Penarungan, TPS 01 Br. Gede Anggungan dan TPS 3 Br. Jeroan, Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, TPS 002 dan 003 Br. Benehkawan, Desa Blahkiuh dan terakhir TPS 001 Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal.

Dari pemantauan tersebut, pelaksanaan pemilihan berjalan baik, aman dan kondusif dengan menerapkan prokes yakni 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Masyarakat pemilih dengan memakai masker antusias datang ke TPS mulai pukul 07.00 hingga 13.00 wita. Untuk menghindari kerumunan, kehadiran pemilih juga telah diatur.

Di masing-masing TPS sudah dilengkapi sarana protokol kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, sarung tangan, masker dan hand sanitizer. Pelaksanaan pemungutan suara juga mendapat atensi pihak keamanan dari TNI/Polri, Linmas dan pecalang.

Di sela-sela pemantauan, Sekda Adi Arnawa menyampaikan, dari pemantauan sejumlah TPS dapat dilihat tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi. “Dari pengamatan kami partisipasi masyarakat cukup tinggi. Yang penting dari pelaksanaan pilkada ini adalah dapat terlaksana dengan aman dan kondusif,” imbuhnya. Terkait dengan prokes, Sekda juga melihat di masing-masing TPS penerapan prokes berjalan dengan baik, terlebih masyarakat sudah memahami hal tersebut.

Sementara, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ditemui usai nyoblos di TPS 01 Br. Pelaga mengatakan, berkenaan dengan pilkada Badung diyakini akan betul-betul menjadi pilkada yang sehat, berintegritas dan partisipasi masyarakat Badung akan meningkat. Karena masyarakat mempunyai tanggung jawab menentukan hak pilihnya untuk menentukan arah Badung ke depan.

Sementara Wakil Bupati I Ketut Suiasa nyoblos di TPS 12 Br. Kauh Pecatu dan Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa di TPS 007 SD 4 Br. Tengah Pecatu. *adv

BAGIKAN