Pantau Kegiatan Bersih-bersih di Pantai Kuta, Sekda Adi Arnawa Dukung Penuh Tenaga Kebersihan

FENOMENA sampah kiriman yang terjadi tiap tahun di sepanjang pesisir pantai di wilayah Kabupaten Badung terus mendapat perhatian khusus dari Pemkab Badung.

BERSIHKAN PANTAI - Sekda Badung Adi Arnawa ikut terlibat dalam kegiatan bersih-bersih di Pantai Kuta, Rabu (20/1).

FENOMENA sampah kiriman yang terjadi tiap tahun di sepanjang pesisir pantai di wilayah Kabupaten Badung terus mendapat perhatian khusus dari Pemkab Badung. Salah satunya yang terjadi di Pantai Kuta, ditinjau dan dipantau langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Rabu (20/1).

Bahkan, Sekda Adi Arnawa yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) I Wayan Puja tidak segan-segan ikut berbaur melaksanakan bersih-bersih pantai, mengumpulkan sampah menggunakan garpu sampah. Pada kegiatan kebersihan tersebut, petugas DLHK dibantu dengan dua buah alat berat berupa loader untuk mengangkut sampah-sampah kayu. “Kedatangan kami hari ini (kemarin-red) tidak lain untuk memotivasi tenaga-tenaga kebersihan dan petugas, sekaligus ikut bersama-bersama membantu memungut sampah di pinggir Pantai Kuta dengan tim dan petugas dari DLHK,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih pantai, terlebih sekarang ini musimnya sampah kiriman dengan volume yang banyak dan membutuhkan penanganan yang serius dan profesional. Pihaknya juga ingin melihat langsung kesiapan DLHK Badung dalam penanganan sampah, tidak saja dari segi tenaga tetapi juga terkait operasional dan kesiapsiagaan menghadapi sampah kiriman. “Dengan kondisi volume sampah yang banyak ini kita membutuhkan alat-alat berat cukup banyak, karena bisa menambah dan menunjang dalam rangka penanganan sampah di Pantai Kuta ini sehingga bisa maksimal dan optimal,” katanya.

Dijelaskannya lebih lanjut, tidak saja Pantai Kuta, pantai-pantai di sepanjang wilayah Kabupaten Badung yang terdampak fenomena angin kencang yang membawa sampah kiriman ke tepi pantai, semuanya mendapat perhatian dari pemerintah. Pemkab Badung mengerahkan segenap sumber daya yang ada untuk menangani hal tersebut.

Ditambahkan Sekda, dengan penanganan yang optimal tentu memberikan kesan positif terhadap citra Pantai Kuta sebagai objek wisata yang sudah dikenal di mancanegara serta tentunya akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung pada saatnya nanti. Pihaknya juga berharap penanganan sampah kiriman ini tidak saja mengandalkan dari pihak pemerintah, tapi juga diperlukan partisipasi dan keterlibatan semua pihak dalam mendukung kegiatan bersih-bersih pantai.

Tak lupa, Sekda Adi Arnawa juga mengingatkan kepada petugas kebersihan dalam penanganan sampah untuk tetap melaksanakan dan mengedepankan protokol kesehatan, terutama selalu menggunakan masker. *adv

BAGIKAN