Pandemi, Perumda TAB Tabanan Tetap Miliki Pelanggan Baru

Di tengah pandemi Covid-19, Perumda Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan tetap mengantongi pertumbuhan pelanggan atau sambungan baru air bersih ke konsumen.

Tabanan (bisnisbali.com) –Di tengah pandemi Covid-19, Perumda Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan tetap mengantongi pertumbuhan pelanggan atau sambungan baru air bersih ke konsumen. Itu tercermin dari Januari hingga Juli tahun ini, tercatat mengantongi hingga 600 sambungan baru atau penambahan dari jumlah sambungan sebelumnya.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan dan Langganan Perumda TAB Bambang Gunawan didampingi Kasubag Humas Perumda TAB Wayan Agus Suanjaya, Kamis (27/8) kemarin, mengungkapkan, dominan sambungan baru air bersih ini merupakan kalangan rumah tangga seiring dengan masih tumbuhnya usaha properti di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, penambahan sambungan juga disumbang oleh bertambahnya kebutuhan air bersih dari kalangan konsumen sebelumnya.

“Misalnya satu keluarga yang sebelumnya hanya memanfaatkan satu sambungan saja, namun seiring dengan penambahan anggota keluarga dilakukan juga penambahan sambungan baru lagi. Sehingga, satu rumah tangga bisa memiliki lebih dari dua sambungan layanan air bersih seiring bertambahnya anggota keluarga,” tuturnya.

Jelas Gunawan, meski terus terjadi penambahan sambungan baru, kondisi tersebut tidak mempengaruhi jumlah debit air yang diterima di kalangan pelanggan. Sebab, kondisi tersebut sudah diperhitungkan sebelumnya. Selain itu katanya, penambahan tersebut masih berada di bawah target penambahan sambungan baru yang ditetapkan mencapai 1.200 pelanggan baru di seluruh Kabupaten Tabanan pada 2020.

Di sisi lain, sambungnya, pertumbuhan pelanggan baru ini juga searah dengan efisiensi penagihan atau kemampuan bayar konsumen Perumda TAB Tabanan yang masih terjaga dengan baik. Itu salah satunya tercermin pada Juni 2020 efisiensi penagihan konsumen di Tabanan berada di kisaran 90,92 persen dari total jumlah konsumen TAB Tabanan yang mencapai 58.936 pada periode yang sama.

Menurutnya, dampak pandemi ini tidak mengakibatkan pada turunnya persentase kepatuhan konsumen dalam melakukan pembayaran atau kewajiban. Selain itu, konsumen juga bisa memanfaatkan pembayaran secara online, sehingga dimanapun bisa melakukan pembayaran. “Artinya, pandemi ini tidak sampai membuat konsumen tidak mampu membayar tagihan air bersih setiap bulannya,” ujarnya.

Agus Suanjaya menambahkan, untuk senantiasa memberikan pelayanan air bersih yang optimal kepada masyarakat di Kabupaten Tabanan, Perumda Air Minum TAB secara rutin melakukan pengecekan terhadap sumber air baku. Termasuk untuk memastikan ketersediaan air bersih selama pelaksanaan Hari Raya Galungan dan Kuningan mendatang.

“Di samping itu, petugas teknis juga akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pipa induk untuk memastikan kondisi pipa dalam keadaan aman dan tidak ada titik kebocoran, termasuk selama libur hari raya Galungan dan Kuningan nanti,” tegasnya.*man

BAGIKAN