Pandemi, Pengusaha Ini Justru Tambah Bidang Usaha

Bisnis meetings, incentives, conferences, and exhibition (MICE) mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19.

Denpasar (bisnisbali.com) – Bisnis meetings, incentives, conferences, and exhibition (MICE) mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19. Bahkan ke depan sektor ini diperkirakan masih kesulitan untuk pulih.

“Ke depannya yang menjadi isu kita adalah bagaimana membuat korporat tetap percaya bahwa penyelenggaraan MICE itu aman. Kedua, bagaimana insentif bisa kita lakukan dan juga mengedepankan keamanan,” ujar Owner PT Bali Global Service Axl Mattew Situmorang yang ditemui tim Bisnis Bali News belum lama ini.

Sebagai event organiser (EO), usaha yang dimilikinya mengalami penurunan pendapatan sangat signifikan. Semenjak Maret 2020, pihaknya sangat kesulitan mendapatkan klien. Namun, seiring berjalannya roda perekonomian dan program vaksinasi, klien sudah mulai bertambah.

“Tapi semua itu masih jauh dari normal dan masih di bawah target Saya. Kalau Saya sebelum adanya pandemi seperti ini, Saya bisa mengerjakan dalam 1 bulan itu ada 10 klien. Tapi di masa pandemi seperti sekarang ini kita nggak bisa prediksi. Apalagi sekarang diberlakukannya PPKM, di samping juga sektor pariwisata sangat berpengaruh sekali dan regulasi pemerintah ini cukup membawa dampak terhadap kami,” katanya.

Sejauh ini pihaknya menangani klien wedding. Tetapi, sesekali juga ada dari instansi pemerintah. “Biasanya sebelum pandemi  kita biasanya meng-handle  dalam satu bulan itu sekitar 2 sampai 5 wedding. Terakhir ini Saya dapat wedding di Jakarta, cuma dengan SOP protokol kesehatan (prokes). Anggap saja sebagai pengalaman baru buat kami,” jelasnya.

Dikatakannya, pandemi mengajarkan pihaknya untuk berinovasi dan beradaptasi di tengah dinamisnya perkembangan dunia. “Saya tidak menyerah dengan keadaan. Bahkan, saya jadikan tantangan untuk generasi muda bagaimana caranya berusaha berinovasi terus dan ajang kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan,” tandasnya.

PT Bali Global Service semenjak adanya pandemi ini selalu berinovasi bahkan ada penambahan bidang usaha di bidang digital marketing. PT Bali Global Service juga menawarkan solusi finance dan marketing untuk segala kebutuhan, terutama periklanan melalui digital. Para konsumen bisa melakukan pencarian sesuai bisnis yang ditawarkan baik dari rumah atau dalam perjalanan sehingga membuat bisnis atau produk makin terkenal. “Untuk menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini, PT Bali Global Service mengajak para pengusaha untuk selalu kerja dengan semangat, cerdas dengan memanfaatkan celah bisnis yang ada serta memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih,” ucapnya. *suk

BAGIKAN