Pandemi, Mesti Berupaya Dapat Akses Dana Pusat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gianyar menyampaikan rekomendasi terkait  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD Gianyar, Jumat (30/4)

REKOMENDASI  - Penyampaian rekomendasi terkait LKPJ Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna DPRD Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gianyar menyampaikan rekomendasi terkait  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gianyar Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD Gianyar, Jumat (30/4) lalu.

Wakil Ketua DPRD Gianyar I Gusti Ngurah Anom Masta menyampaikan beberapa catatan strategis yang berisi saran dan masukan rekomendasi Dewan, di antaranya dalam kondisi pandemi Covid-19 perlu upaya maksimal untuk dapat mengakses dana pusat. Ini baik berupa pinjaman maupun dana lainnya dengan melakukan dan mengajukan program-program inovatif sesuai perkembangan pembangunan.

Dewan Gianyar antara lain merekomendasikan pembangunan bidang kesehatan. Pemerintah mesti terus mengupayakan kolaborasi pusat dan daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan komitmen menurunkan angka kematian ibu melahirkan, percepatan eliminasi tuberculosis, upaya prevalensi stunting dan mengupayakan percepatan  pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Dikatakannya, pemerintah perlu mengupayakan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dengan pemenuhan tenaga kesehatan, peningkatan pelayanan puskesmas serta pemenuhan sarana dan prasarana pendukung yaitu alat kesehatan obat dan bahan habis pakai. Ini mencakup peningkatan mutu baik fasilitas maupun SDM, penguatan sistem rujukan dan penguatan BKK.  “Dewan memberikan apresiasi terhadap langkah Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam pembangunan rumah sakit dan pertanggungan dana bantuan keuangan  pasien serta tetap menjaga konsitensi sehingga dapat berjalan berkelanjutan,” ucapnya.

Terkait rekomendasi dewan soal LKPJ, Bupati Gianyar Made Mahayastra menyatakan di bidang kesehatan Pemkab Gianyar sudah membangun dua rumah sakit serta memperbaiki fasilitas pukesmas dan puskesmas pembantu. Dari sisi SDM, pemerintah merekrut dokter spesialis dan membenahi sistem manajemen layanan rumah sakit. “Kalau masyarakat ingin berobat sudah bisa daftar secara online dari rumah, sehingga bisa tahu jam berapa diterima oleh dokter dan dokter yang akan mengobati ,” jelasnya.

Dalam melayani kesehatan masyarakat, Pemkab Gianyar bekerja sama dengan empat rumah sakit besar, meliputi RSUP Sanglah, RS Dharma Yadnya, RS Jiwa Bangli dan RS Indra. “Layanan kesehatan saat pandemi, masyarakat bisa merasakan fasilitas gedung baru serta nakes yang melayani dengan ramah dan sopan,” ujarnya.

Menurut Bupati Mahayastra, LKPJ  merupakan aspek penting bagi Dewan dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah.  Adanya keseimbangan pemeriksaan  dari DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi sarana yang efektif dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang transparan dan akuntabel. *kup

BAGIKAN