Pakis Desa Adat Bedulu Dilatih Tata Rias

Paiketan Krama Istri (Pakis) Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, menggelar pelatihan tata rias dan sanggul bagi anggotanya di Wantilan Pura Pengastulan, desa adat setempat, Minggu (30/5).

PELATIHAN – Pakis Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, melaksanakan pelatihan tata rias dan sanggul bagi anggotanya.

Gianyar (bisnisbali.com)-Paiketan Krama Istri (Pakis) Desa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, menggelar pelatihan tata rias dan sanggul bagi anggotanya di Wantilan Pura Pengastulan, desa adat setempat, Minggu (30/5).

Pelatihan melibatkan LKP dan Salon Putra Intan yang dipandu Ny. Ni Wayan Sumerthi Pande yang juga Ketua II Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kabupaten Gianyar. Pelatihan diberikan 10 orang tata rias profesional yang rutin melakukan pelatihan di lingkungan wanita Hindu di Gianyar.

Pembina WHDI Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra di sela-sela pelatihan menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan Pakis Desa Adat Bedulu ini memiliki makna strategis bagi wanita Hindu, terutama kaum ibu yang selalu sibuk dengan kegiatan adat dan budaya Bali yang bernapaskan agama Hindu. “Sebagai wanita Hindu, kaum wanita Bali yang sudah terbiasa mulai dari membuat dan menghaturkan sesajen, sebisanya harus tetap tampil cantik dengan tata rias yang sewajarnya,” jelas istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini.

Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Diana Dewi Agung Mayun juga mengapresiasi kegiatan Pakis Desa Adat Bedulu yang baru beberapa hari terbentuk. Pakis Desa Adat Bedulu yang akan dilantik 8 Juni 2021 serangkaian piodalan di Pura Dalem desa setempat, diharapkan ikut mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan WHDI Kabupaten Gianyar, termasuk dalam pembinaan kaum wanita dan keluarga di wilayahnya. “Semoga pelatihan tata rias dan mesanggul yang diikuti para krama istri desa adat Bedulu ini bermanfaat serta menjadi dasar bagi peserta dalam menghias diri sendiri,” ujarnya.

Ketua Pakis Desa Adat Bedulu Ny. Gusti Nyoman Mudiani Serana didampingi Wakil Ketua Ny. Sri Sudarsana menuturkan, Pakis Desa Adat Bedulu dibentuk 21 Mei laku. Pembentukan Pakis Desa Adat Bedulu ini untuk memenuhi amanat Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali.  Pembentukan Pakis dipimpin Bendesa Bedulu Gusti Ngurah Made Serana, didampingi Panglingsir Sabha Wayan Sudarsana dan Panglingsir Mudita Kerta Desa Komang Yadnya serta lima klian adat di Desa Adat Bedulu.

Desa Adat Bedulu juga telah membentuk Paiketan Pemangku yang bergabung dalam Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kabupaten Gianyar, organisasi kepemudaan yang terkoordinasi dalam Yowana Eka Citta, Paiketan Werdha, sekaa pesantian, sekaa tari rejang, sekaa tari baris gede, sekaa kecak, sekaa gong anak anak serta pecalang, di samping membina sejumlah sekaa seni dan yoga yang ada di wewidangan Desa Adat Bedulu. *kup

BAGIKAN