Paket Nyepi, Pesanan Didominasi Wisatawan Lokal

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penawaran paket menginap di hotel pada hari suci Nyepi selalu ditawarkan.

Denpasar (bisnisbali.com) –Seperti tahun-tahun sebelumnya, penawaran paket menginap di hotel pada hari suci Nyepi selalu ditawarkan. Penawaran paket yang lebih menyasar wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan lokal telah mulai mendapatkan pesanan yang beberapa di antaranya sudah hampir penuh.

Salah seorang pengelola resort di Kawasan Ubud, Gianyar, I Wayan Parka, Jumat (7/3) lalu, mengatakan hingga saat ini pesanan kamar khususnya paket Nyepi sudah mencapai 95 persen. Pemesanan terhitung mulai 13 sampai 15 Maret. Pemesanan lebih banyak datang dari wisatawan lokal, namun ada juga beberapa wisatawan domestik. “Untuk tamu lokal itu sekitar 90 persen, sementara domestik hanya 10 persen,” ujarnya.

Disinggung soal tarif, Parka mengatakan, paket Nyepi khususnya menginap dimulai dari Rp 1.450.000 per paket untuk deluxe room hingga Rp 2.250.000 per paket untuk pool villa. Paket ini sudah termasuk untuk fasilitas 2 orang selama 2 malam serta mendapatkan fasilitas 2 kali sarapan, 1 kali makan siang dan 1 kali makan malam.

Berbeda dengan itu, I Wayan Sumandia, pengelola resort di Kawasan Mambal, Badung, mengatakan, pesanan yang masuk belum begitu signifikan. Hingga saat ini, pesanan untuk paket Nyepi baru sekitar 15 persen. Sumandia mengaku belum berani berharap jika target okupansi (tingkat hunian) akan tercapai tahun ini. “Kalau target belum berani memastikan. Saaat ini baru masuk 15 persenan,” ujarnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, dari tahun ke tahun paket Nyepi memang ditawarkan untuk wisdom dan lokal. Paket tersebut menjadi pilihan menarik terlebih untuk wisdom yang ingin merasakan perayaan Nyepi di Bali. Namun tahun ini yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, permintaan paket Nyepi belum begitu tinggi.

Harga paket Nyepi yang ditawarkannya pun dikatakan jauh lebih murah dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk harga paket harga lainnya, memang dikatakannya lebih murah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Untuk paket Nyepi yang kami tawarkan tahun ini mulai Rp 999.000 dengan lama menginap 3 hari 2 malam. Paket ini juga include 1 kali sarapan, 1 kali makan malam dan 1 kali snack untuk 2 orang,” terangnya. *wid

BAGIKAN