Paket Jaya-Wira Tawarkan Angkat Sektor Pertanian

SERAHKAN BERKAS - Pasangan Jaya-Wira menyerahkan berkas yang diterima langsung oleh Ketua KPU Tabanan.

Tabanan (Bisnis Bali) – Pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya – I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) mendaftar ke KPU Tabanan, Jumat (4/9) kemarin. Sebelum berangkat ke KPU, diawali dengan kegiatan persembahyangan bersama dan mejaya-jaya di kantor DPC PDI-P Tabanan yang dimulai pukul 08.00 Wita.
Pantauan di lapangan, pendaftaran kedua bakal calon ini diantar oleh relawan dan pendukung yang tidak lebih dari 50 orang. Paket yang diusung PDI-P dan didukung oleh dua partai politik di Kabupaten Tabanan, yaitu partai Gerindra dan PSI ini tiba di kantor KPU Tabanan pukul 09.36 Wita. Keduanya tampak serasi menggunakan pakaian adat Bali.
Usai proses pendaftaran, I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan, paket Jaya-Wira melakukan proses pendaftaran ke kantor KPU Tabanan sesuai dengan instruksi dari DPP PDI-P bahwa seluruh pasangan calon serentak mendaftarkan diri ke KPU pada 4 September. Pada kesempatan tersebut, Sanjaya mengungkapkan, sebagai calon incumbent terkait visi dan misi membangun Tabanan pasangan Jaya-Wira sudah jauh hari siap karena tahu apa yang menjadi keinginan maupun kebutuhan masyarakat Kabupaten Tabanan selama ini.
Sebab itu, visi-misi paket Jaya-Wira melalui bagian dari Nangun Sad Kerthi Loka Bali dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan era baru yang aman unggul dan Madani. “Masyarakat yang madani ini mengandung arti adalah masyarakat yang beradat atau memiliki suatu kecerdasan dan kesejahteraan yang tinggi. Mudah-mudahan kami bisa mewujudkan,” tuturnya.
Terkait hal tersebut, guna mencapai visi misi melalui rencana pembangunan jangka panjang di Kabupaten Tabanan adalah tetap akan bertumpu pada sektor pertanian. Hal itu sekaligus akan memposisikan pertanian di Tabanan menjadi tulang punggung pembangunan. Di antaranya, dilakukan melalui pertanian yang berorientasi pada desa wisata, agrowisata dan ecotourism.
Itu juga didasari pada dampak pandemi Covid-19, di mana sektor pertanian ini kembali menjadi tumpuan di tengah banyaknya anak-anak muda yang kembali pulang ke kampung untuk menekuni pertanian akibat matinya sektor pariwisata. Bercermin dari itu pula pihaknya mengajak anak muda yang juga dikenal dengan kalangan milenial di Tabanan untuk kembali menekuni sektor pertanian.
“Nantinya petani kalangan milenial ini saya akan dongkrak di Kabupaten Tabanan, sehingga mereka bisa menggandrungi dan mencintai sektor pertanian. Sekaligus untuk menghilangkan anggapan jika pekerjaan sebagai petani adalah sesuatu yang marginal, dan terpinggirkan,” tugasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa mengungkapkan, bacabup dan bacawabup Tabanan dari PDI-P telah mendaftar dan dari berkas yang diserahkan ke KPU Tabanan sebagai syarat dinyatakan sudah komplit. Meski begitu katanya, keabsahan dari berkas yang disetorkan masih akan diteliti lebih lanjut nanti. Di antaranya, terkait pembuktian kebenaran ijazah dan lainnya.
“Sebab itu, nanti kami akan lakukan verifikasi dari seluruh daftar administrasi yang dihadirkan pada 6 September nanti. Kemudian, pada 23 September nanti baru akan dilakukan pengumuman penetapan pasangan calon, ” tandasnya. *man

BAGIKAN