Pacu Prestasi Atlet, Suwirta Rancang ’’Reward’’ untuk Porsenijar 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merancang akan memberikan hadiah (reward) bagi atlet berprestasi di ajang Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) tahun mendatang.

PIALA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan piala kepada para pemenang Porsenijar tahun 2020 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania.

Semarapura (bisnisbali.com) –Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merancang akan memberikan hadiah (reward) bagi atlet berprestasi di ajang Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) tahun mendatang. Hal ini bertujuan guna memacu lahirnya atlet-atlet berprestasi yang nantinya bisa mewakili Klungkung di kancah yang lebih tinggi.

Demikian disampaikan Suwirta ketika secara resmi menutup Porsenijar Kabupaten Klungkung Tahun 2020 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta para siswa.

Mengawali sambutannya Bupati Suwirta mengapresiasi semangat para siswa sebagai peserta Porsenijar, meskipun hanya mendapatkan piala dan piagam. Hal ini menjadi perhatian Bupati Suwirta dengan menyiapkan reward bagi atlet Porsenijar berprestasi di tahun mendatang. “Ke depan kita akan siapkan hadian bagi juara perorangan, kelompok maupun juara umum,” ujar Bupati Suwirta.

Dirinya meminta Sekda Klungkung dan dinas terkait agar ke depan pelaksanaan Porsenijar dikembalikan lagi ke Dinas Pendidikan. Ditambahkannya, bagi sekolah yang mengirim atlet atau wakilnya agar mengukur kualitasnya terlebih dahulu, tidak hanya memikirkan kuantitasnya saja. Guru harus benar-benar mendidik anak di sekolah.

Selain itu, Bupati Suwirta meminta agar cabang olahraga pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dikolaborasikan dengan Porsenijar dan bisa diadakan bersama-sama. KONI Klungkung agar bisa membantu dan memfasilitasi kegiatan olah raga tersebut. “Ajang Porsenijar ini benar-benar menjadi ajang kompetisi mencari atlet berprestasi,” ujar Bupati Suwirta seraya berharap panitia Porsenijar tahun ini bisa melaporkan kegiatan yang sudah selesai apakah ada rekor baru yang tercipta.

Dalam kesempatan itu, bupati mengingatkan pada pelaksanaan mendatang agar panitia ikut mendampingi atlet yang terkena musibah dalam bertanding, apalagi sampai masuk rumah sakit. Pendampingan agar dilakukan hingga administrasi selesai. Para pelatih juga diharapkan bisa mengajarkan para anak didiknya untuk selalu  menjaga sportivitas dan tidak punya rasa dendam dalam berkompetisi.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, Gusti Suarbawa menyampaikan Porsenijar Kabupaten Klungkung sudah berlangsung pada 4 – 11 Maret 2020 dengan mempertandingkan 12 cabang olah raga dan 14 nomor seni.

Adapun hasil juara dari cabang olahraga tingkat SD, juara umum I berhasil diraih oleh SD Kecamatan Klungkung dengan perolehan 35 emas, 22 perak dan 37 perunggu, kemudian untuk tingkat SMP diraih SMP Negeri 1 Semarapura dengan 25 emas, 13 perak dan 28 perunggu. Untuk tingkat SMA/SMK juara umum I diraih SMA Negeri 2 Semarapura dengan 20 emas, 15 perak dan 18 perunggu.

Sementara di bidang seni, juara umum I diraih SD Kecamatan Klungkung dengan 3 emas, 6 perak, 4 perunggu dengan nilai 37, untuk tingkat SMP diraih SMP Negeri 1 Semarapura yang memperoleh 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu dengan nilai 22 dan untuk tingkat SMA/SMK diraih SMA Negeri 1 Semarapura memperoleh 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu dengan nilai 27. *dar

BAGIKAN