Optimalkan Pemilihan Sampah untuk Tingkatkan Produksi Pupuk Kompos

Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Temesi memang difungsikan sebagai Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Perkotaan (TPSTP). Plt. Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar,

SAMPAH - Pemilihan sampah organik di TPA Temesi untuk diolah menjadi pupuk kompos

Gianyar (bisnisbali.com)-Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Temesi memang difungsikan sebagai Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Perkotaan (TPSTP). Plt. Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, Rabu (5/8) mengatakan pihaknya mengoptimalkan pemilihan sampah guna meningkatkan produksi pupuk kompos.

Diungkapkannya, TPSTP Temesi secara terus menerus dilakukan pemilahan sampah. Sampah organik diolah menjadi kompos.

Kujus Pawitra menjelaskan Pemkab Gianyar selalu melakukan perbaikan armada yang rusak. Dengan begitu, penanganan sampah bisa tertangani dengan baik dan lancar.

Dipaparkannya, selain produksi kompos DLH Gianyar juga menggalakkan program bank sampah “Sampah kalau ditangani dengan baik akan menjadi berkah, salah satunya dengan pendirian bank sampah,” ungkapnya.

Menurut Kujus, dari semua strategi, yang terpenting adalah bagaimana pengelolaan sampah dimulai dari  rumah tangga. Juga perlu kesadaran dan partisipasi masyarakat. Masyarakat diminta mengurangi penggunaan bahan-bahan yang akan menjadi sampah. “Kalau belanja ke pasar, bawalah tas dari rumah. Mudah-mudahan disetujui oleh pimpinan, kita akan anggarkan pengadaan tas ramah lingkungan untuk mengedukasi masyarakat,” harap Kujus Pawitra. *kup

BAGIKAN