Optimalkan Pelayanan Digital

DALAM rangka memberi pelayanan maksimal serta memudahkan masyarakat dan pelanggan melakukan transaksi maupun layanan lainnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile.

DALAM rangka memberi pelayanan maksimal serta memudahkan masyarakat dan pelanggan melakukan transaksi maupun layanan lainnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi berbasis Android ini akan memberi kemudahan bagi pelanggan, mulai dari pembayaran hingga pengaduan yang bisa dipantau prosesnya oleh pelanggan atau masyarakat.

General Manager PLN UID Bali Adi Priyanto belum lama ini mengatakan, aplikasi tersebut akan memberikan kemudahan bagi pelanggan. Terlebih, sejak Maret 2020 pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat memprihatinkan bagi PLN terutama juga masyarakat Bali pada umumnya.

Hal ini juga berdampak terhadap penjualan PLN. Beban puncak terus turun, disebahkan lesunya sektor usaha. Tetapi di sisi lain, konsumsi energi listrik untuk masyarakat umum terutama adalah rumah tangga yang naik sekitar 10 persen. Hal ini dikarenakan kegiatan masyarakat yang sebagian besar dilakukan dari rumah.

“Untuk meningkatkan servis kita kepada masyarakat, sejak diluncurkan penggunaan aplikasi PLN Mobile maksudnya adalah untuk lebih bisa melayani masyarakat dari berbagai segi. Yang pertama adalah masalah pengaduan gangguan listrik, untuk lebih mempermudah akses ke pelanggan. PLN Mobile ini basisnya adalah GPS di mana pelanggan itu melakukan pengaduan oleh PLN sudah diketahui tempatnya di mana,” jelas Andi Priyanto.

Terkait optimalisasi pelayanan, PLN menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan dalam pembelian token, bayar tagihan listrik, notifikasi jadwal pembayaran tagihan listrik dan histori pemakaian. “Hingga histori pembelian token dan pasang baru tambah daya juga bisa dilakukan di sini. Jadi, nggak usah datang ke kantor PLN request pasang baru, tambah daya bisa dilakukan dalam satu genggaman di PLN Mobile. Bayarnya juga di sini,” katanya.

Meski demikian, dia mengakui aplikasi dan layanan PLN tentu belum sempurna. Karena itulah, penyempurnaan terus dilakukan, tentunya dengan dukungan berbagai pihak. “Kalau ada masukan dari masyarakat, kita tampung demi lancarnya PLN Mobile ke depan,” ujarnya. *suk

BAGIKAN