Nyoman Sumanaya, Perkuat Likuiditas BPR

PASCAPANDEMI corona (Covid-19) BPD Bali berkomitmen membantu memperkuat likuiditas bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali.

PASCAPANDEMI corona (Covid-19) BPD Bali berkomitmen membantu memperkuat likuiditas bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali. Direktur Bisnis Non-Kredit Bank BPD Bali, I Nyoman Sumanaya, mengatakan ini termasuk penguatan BPR melalui fasilitas  Apex BPR.

Diungkapkannya, dalam kerja sama Apex BPR diperkuat MoU yang jelas. Aturan dalam kerja sama Apex BPR akan dijalankan secara penuh oleh BPD Bali. Ia menjelaskan sebagai bank apex, BPD Bali siap membantu BPR dalam kondisi mismatch. “BPD sebagai Apex BPR akan menyiapkan fasilitas dana mismatch,” ucapnya.

Sumanaya menjelaskan Apex BPR BPD juga sudah menyediakan fasilitas dana bergulir. Semua fasilitas Apex BPR memiliki prosedur dana mekanisme yang jelas. Jika menjadi ingin mendapatkan fasilitas Bank Apex, BPR wajib mengikuti mekanisme yang telah disepakati. “Bank Apex dengan masing-masing BPR anggota Apex BPR bersama BPD Bali sudah menandatangani MoU,” jelasnya.

Nyoman Sumanaya meyakinkan disamping dana linkage, BPD Bali sebagai Bank Apex akan membantu BPR di Bali sebagai anggota BPD Bali Bersama BPR. “Melalui Apex BPR, BPD siap menggelontorkan dana mismatch dan dana bergulir guna memperkuat likuiditas BPR,” tegasnya.*kup

BAGIKAN