Ny. Selly Mantra Buka Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital  

Kemasan memegang peranan yang besar dan penting dalam keberhasilan pemasaran suatu produk.

BUKA WEBINAR - Ketua Dekranasda Kota Denpasar  Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra saat membuka Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Jumat (23/10) kemarin.                                                                                

Denpasar (bisnisbali.com)Kemasan memegang peranan yang besar dan penting dalam keberhasilan pemasaran suatu produk. Namun, masih banyak produk yang dihasilkan saat ini belum memperhatikan ketentuan dalam kemasan, sehingga daya saing untuk menembus pasar global lemah. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dekranasda Kota Denpasar  Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra saat membuka Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Jumat (23/10) kemarin.

Lebih lanjut dikatakannya, kemasan merupakan “pemicu” karena kemasan langsung berhadapan dengan konsumen. Oleh karena itu, kemasan harus dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respons positif, dalam hal ini membeli produk karena tujuan akhir pengemasan adalah untuk menciptakan penjualan. Selain itu, kemasan berfungsi sebagai identitas produk, menambah daya tarik bagi pembeli, sarana promosi bagi konsumen, alat informasi dan komunikasi sehingga mampu berdaya jual tinggi dan meningkatkan daya saing produk.

Ny. Selly menyatakan,  kemasan yang baik dan menarik tidak selalu identik dengan harga tinggi. Dengan bahan pengemasan yang biasa-biasa saja asalkan dirancang sedemikian rupa baik bentuk maupun desain labelnya, pastilah akan tercipta sebuah kemasan yang tidak kalah bersaing dengan kemasan-kemasan modern.

“Apa lagi di era digitalisasi seperti sekarang ini, cara yang dapat diambil pemasar yaitu dengan memanfaatkan internet dalam proses produksi kemasan dan mempromosikan produk melalui media sosial seperti Facebook dan Instargram. Itu sangat cepat di masa  ini,’’  ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari menjelaskan, pihak Disperindag Kota Denpasar terus mendorong para pelaku UKM melalui UPTD Layanan Desain Denpasar untuk memperbaiki dan mempercantik desain kemasan produk mereka. Sebab,  masih banyak produk  UKM yang kurang memperhatikan kemasan, tentunya kemasan ramah lingkungan.

Hal tersebut yang melatarbelakangi dilaksanakannya Webinar Inovasi Desain Kemasan Produk Lokal Menembus Pasar Digital dengan menghadirkan dua pembicara yakni Ni Wayan Sri Sutari, S.P., M.P. yang merupakan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana dan I Komang Angga Maha Putra, S.Sos., M.Sn., Dosen Desain Komunikasi Visual Institut Desain dan Bisnis Bali.

“Webinar ini merupakan kerja sama Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan Institut Desain dan Bisnis Bali serta Universitas Udayana. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru atau model desain kemasan yang akan memicu munculnya ide-ide yang kreatif dari UKM dan pelaku usaha di Kota Denpasar yang nantinya dapat menjadi tren tersendiri di masyarakat tanpa meninggalkan keunikan dan budaya lokal kita,” ujarnya. *wid

BAGIKAN