Ni Made Ratnadi, Cegah Meluasnya Covid-19

PENANGANAN penyebaran Covid-19 akan lebih optimal dengan penyemprotan disinfektan dan penggunaan masker.

PENANGANAN penyebaran Covid-19 akan lebih optimal dengan penyemprotan disinfektan dan penggunaan masker. Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Gianyar, Ni Made Ratnadi mencontohkan, Desa Medahan Gianyar bagi-bagi masker kepada pedagang dan masyarakat serta penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Medahan.

Ia melihat selain pembagian masker dan penyemprotan, juga dilakukan edukasi kepada masyarakat dan pedagang. Ini mengenai pencegahan penyebaran Covid-19.  Made Ratnadi mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Ibu-ibu rajinlah mencuci tangan sehabis memegang sesuatu,” ucapnya.

Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar ini menyampaikan setelah datang dari pasar ia menyarankan alangkah baiknya mandi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lainnya di rumah. Ini untuk mencegah meluasnya wabah corona.

Selain itu, Ratnadi juga menekankan pentingnya social distancing. Karena dengan jaga jarak, dan menghindari kerumunan juga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Ia juga mengapresiasi gerak cepat Perbekel Desa Medahan untuk melakukan penyemprotan dan bagi-bagi masker. “Perbekelnya sangat aktif, begitu ada edaran dana desa bisa digunakan untuk menanggulangi wabah ini, Perbekel langsung mengambil langkah untuk melakukan penyemprotan secara massal di desanya,” pungkas Ratnadi.

Made Ratnadi menambahkan penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil  Water Cannon milik Satuan Brimob Polda Bali yang menyasar seluruh jalan di Desa Medahan, Pantai Cucukan dan Pantai Masceti. Sedangkan untuk pembagian masker ataupun edukasi dan sosialisasi penanggulangan Covid-19 dilakukan terpusat di area Pasar Desa Medahan. *kup

BAGIKAN