Mudahkan Pensiunan Bali Berwirausaha, Bank Mantap Gandeng Coco Group

BANK Mandiri Taspen (Mantap) terus berupaya mendukung perkembangan ekonomi suatu daerah, termasuk menyasar para pensiunan untuk berwirausaha.

BANK Mandiri Taspen (Mantap) terus berupaya mendukung perkembangan ekonomi suatu daerah, termasuk menyasar para pensiunan untuk berwirausaha. Kali ini dengan program Mantap Sejahtera, bank hasil sinergi PT Bank Mandiri (Persero) dan PT Taspen ini menggandeng Coco Group untuk memacu pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri berwirausaha. Diharapkan pensiunan dapat membuka usaha toko yang menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Direktur Utama Bank Mantap, Elmamber Petamu Sinaga, saat meresmikan Warung Mantap Sejahtera (WMS) di Blahbatuh, Gianyar, Jumat (19/3) lalu mengatakan bank berupaya mendukung pensiunan untuk tetap bisa berkarya dan beriwirausaha dengan risiko kecil tetapi tetap menghasilkan pendapatan. Bagi nasabah Bank Mantap atau pensiunan di Bali salah satunya lewat Mantap Sejahtera yang merupakan satu dari tiga pilar bisnis perseroan berupaya menyejahterakan pensiunan.

“Bank Mantap memberikan kemudahan baik dari sisi modal maupun pelatihan berbentuk wirausaha mantap sejahtera. Diharapkan usaha tersebut dapat tumbuh dengan baik dan mendukung sektor mikro sebagai penopang ekonomi nasional khususnya di wilayah Bali yang ekonominya merosot akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menurutnya, Bank Mantap memberikan modal usaha dengan maksimal plafon hingga Rp 500 juta dengan tenor dapat disesuaikan hingga pensiunan berusia 75 tahun atau dapat menabung Rp 180 juta dengan deposit selama 60 bulan. Bank Mantap memberikan paket gratis dan benefit untuk modal toko tersebut. “WMS Sri Rejeki di Blahbatuh merupakan toko pertama, sedangkan di luar Bali sudah ada dengan mitra lainnya. Kami harapkan tahun ini bisa buka 100 warung, di Bali minimal 20-25 toko,” paparnya.

Diakuinya, Bank Mantap juga menggandeng pelaku usaha ritel yang sudah berpengalaman untuk membantu pensiunan dalam berwirausaha. Coco Group dinilai menjadi mitra terbaik untuk masyarakat setempat. Coco Group nantinya bertugas memasok stok dan membantu manajemen warung.

Hal yang sama dikatakan Chief Financial Officer (CFO) Bank Mantap, Fajar Ari Setiawan. Dalam kerja sama dengan Coco Group, Bank Mantap menawarkan dua paket yaitu Paket Silver dan Paket Gold. Paket Silver dengan nilai Rp 35 juta menawarkan 500 item dan perangkat/peralatan toko dengan luas toko 3 x 4 M2, sedangkan untuk Paket Gold dengan nilai Rp 50 juta para nasabah mendapatkan 700 item dagangan dengan luas toko 3 x 5 M2 serta peralatan penunjang toko.

“Di luar wilayah Bali, Bank Mantap sudah berkerja sama dengan Toko Mandiri Indogrosir (TMI) yang memiliki dukungan jaringan Indogrosir di 25 hub Indogrosir yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Diharapkan kerja sama dengan Coco Group dapat meningkatkan pensiunan PNS dan TNI/Polri berwirausaha di wilayah Bali,” tuturnya.

Sementara itu, Founder Coco Group, I Nengah Natya, menyebut program wirausaha Mantap Sejahtera bertujuan menyejahterakan pensiunan, sehingga pihaknya sangat antusias turut serta menyukseskan program Bank Mantap tersebut. Edukasi manajemen sangat diperlukan bagi pengusaha warung-warung kecil, misalnya pengelolaan produk yang akan dijual apakah laku di pasaran atau tidak. “Warung kecil potensinya sangat bagus apalagi untuk pensiunan. Banyak keuntungan yang didapat terutama dengan waktu yang tetap di rumah tetapi bisa menghasilkan pendapatan,” jelasnya seraya menyatakan program WMS potensinya sangat besar karena biaya tidak terlalu banyak mengingat tidak membutuhkan karyawan.

Pemilik WMS Sri Rejeki, Ni Nyoman Sri Murti, mengatakan pensiunan seharusnya tidak berdiam diri. Pensiunan juga bisa maju dan memiliki pendapatan lewat berwirausaha seperti yang difasilitasi Bank Mantap lewat kerja sama dengan Coco Group.

Pensiunan Kepala SDN 1 Blahbatuh, Gianyar, tersebut mengaku telah menjadi nasabah sejak Bank Mantap berdiri. Dukungan Bank Mantap kepada pensiunan lewat program berwirausaha dinilainya sangat menguntungkan. “Bila hanya mengandalkan gaji pensiun belum mencukupi kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi pengajuannya sangat mudah, syaratnya cukup KTP. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Bank Mantap,” ujarnya.*adv          

BAGIKAN