Mirah Krsnayanthi, Lakukan  Inovasi  

PELAKU Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih harus berjuang tahun 2021 akibat tantangan lesunya perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19.

PELAKU Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih harus berjuang tahun 2021 akibat tantangan lesunya perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19. Berbagai inovasi mesti dilakukan agar mampu bertahan dalam kondisi ini.

Salah seorang pelaku UMKM, Mirah Krsnayanthi, mengatakan 2021 masih merupakan tahun bertahan. Sebab, peluang di pasar pakaian adat atau kebaya terdampak akibat pembatasan penyelenggaraaan kegiatan keagamaan. Namun, ada satu yang memiliki peluang tahun ini yaitu penjualan pakaian endek.

Saat ditemui belum lama ini, pemilik Galery Endek ini mengungkapkan, sejak surat edaran (SE) penggunaan busana endek setiap Selasa dikeluarkan, permintaan pakaian endek di tokonya mulai meningkat. Tidak hanya pakaian jadi, kain meteran pun banyak dicari oleh masyarakat.

Memanfaatkan momen ini dan untuk menarik minat masyarakat, dia pun memberikan potongan harga untuk pakaian endek yang dijualnya. Demikian juga dari segi desain, berbagai tampilan unik pakaian endek ikut ditawarkan.

Harga yang ditawarkan beragam mulai Rp 200.000 per potong untuk kain. Sementara untuk pakaian jadi dijual mulai Rp250.000 hingga Rp 400.000 per pieces. “Semoga dengan dikeluarkannya kebijakan baru, penjualan kami ada peningkatan yang setelah sebelumnya turun drastis,” imbuhnya.  *wid

BAGIKAN