Minyak Biji Bunga Matahari, Pengganti ’’Hand Sanitizer’’

Tidak hanya masker namun 'Hand Sanitizer', tiba - tiba saja menjadi langka di pasaran pascamerebaknya virus corona.

Minyak biji bunga matahari yang kaya manfaat.

Denpasar (bisnisbali.com) –Tidak hanya masker namun ‘Hand Sanitizer’, tiba – tiba saja menjadi langka di pasaran pascamerebaknya virus corona. Masyarakat mulai kebingungan mencari produk yang disinyalir dapat mencegah tertular virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok tersebut. Dosen Pertanian Universitas Udayana, Gede Setiawan, memperkenalkan minyak biji bunga matahari sebagai pengganti hand sanitizer.

Setiawan saat ditemui di Renon Denpasar, mengatakan minyak biji bunga matahari sangat bermanfaat dalam membunuh virus. “Virus dan bakteri tidak dapat hidup di dalam minyak, jadi untuk mengantisipasi penularan virus corona melalui sentuhan, maka sebaiknya tangan sesering mungkin dilapisi dengan minyak biji bunga matahari,” tuturnya. Dalam kondisi kebingungan masyarakat mencapai produk hand sanitizer yang tiba-tiba hilang di pasaran, ia mengatakan minyak biji bunga matahari bisa menjadi solusinya.

Ia menjelaskan masyarakat tidak perlu khawatir tangan akan menjadi panas atau lengket, karena minyak ini malah sekaligus dapat menghaluskan tangan dan menangkal sinar ultraviolet. “Kalau untuk kaum wanita yang suka menggunakan hand body lotion, dapat mencampurkan minyak biji bunga matahari pada body lotion, hasilnya malah akan sangat bagus bagi kulit membuatnya menjadi lembut dan terlihat glowing,” ungkap pemilik brand Saranyu Sun Flower Seed Oil ini.

Minyak biji bunga matahari dikatakan memiliki dua fungsi yaitu untuk kecantikan dan kesehatan. Selain pencegahan penularan corona, minyak biji bunga matahari ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan seperti menormalkan tensi, jadi yang memiliki tensi rendah ataupun tinggi bila mengkonsumsi minyak ini maka tensinya akan normal.

“Cara minumnya, malam sebelum tidur minum satu sendok makan. Tapi jangan langsung diminum, biarkan sejenak indra pengecap kita merasakan. Maka akan ada rangsangan ke otak dan menjadi obat depresi karena memberikan efek relaksasi, jadi cocok juga bagi mereka yang susah tidur (imsonia),” terangnya.

Sementara untuk kesehatan minyak ini dapat dioleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelum tidur, maka jerawat, flek dan juga kerutan akan hilang. “Pagi harinya, jangan lupa untuk membersihkan wajah lagi. Maka wajah akan menjadi glowing,” ucapnya.

Selain itu hampir semua penyakit kulit juga dapat diobati dengan minyak ini, termasuk herfes ( tilas) karena sifatnya yang anti bakteri dan virus tadi. Minyak biji bunga matahari ini lebih banyak dipasarkan melalui media sosial dengan harga Rp 75 ribu per botol 60 ml. *pur

BAGIKAN