Minim Risiko, Penyembuhan Tradisional pun mulai Dilirik

Kemajuan teknologi ternyata tidak serta merta mengubah pola pikir masyarakat kita untuk urusan kesehatan

“Kami berusaha terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Salah satunya dengan mengembangkan unit pelayanan Yankestrad ini, dengan ditangani oleh ahlinya serta dilengkapi berbagai pengobatan tradisional diharapkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Bangli akan makin baik,” terang Bupati Made Gianyar.

Dukungan senada juga diungkapkan Direktur Pelayanan Kesehatan Kemenkes Ina Rosalina. Menurutnya, kecenderungan masyarakat  mulai memanfaatkan pengobatan tradisional dari tahun 2018 terus meningkat hampir 50 %. Untuk itu pengembangan layanan kesehatan masyarakat dengan cara tradisional harus didukung namun tetap diintegrasikan dengan layanan kesehatan konvensional. “Cara pengobatan tradisional yang sudah berlangsung turun-temurun di lingkungan masyarakat adalah inovasi yang bisa dibangun Indonesia, namun tetap harus mengikuti aturan yang ada dan mesti berbasis bukti yang menyembuhkan,” tandasnya.

Pengembangan pengobatan tradisional ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan dan makin dilirik oleh masyarakat, sehingga akan menjadi peluang bagus bagi praktisi pengobatan tradisional untuk makin meningkatkan kualitas serta pola pengobatannya sehingga bisa sesuai dengan standar kesehatan yang ada. *ita

1
2
3
BAGIKAN