Menparekraf akan Bantu Pemasaran Produk UMKM di Jakarta

Selain membantu pemasaran secara offline salah satunya lewat pameran Bali Bangkit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali juga telah mewadahi produk UMKM pada pasar online melalui platform digital balimall.id.

BERKUNJUNG - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Sabtu (27/2).

Denpasar (bisnisbali.com) –Selain membantu pemasaran secara offline salah satunya lewat pameran Bali Bangkit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali juga telah mewadahi produk UMKM pada pasar online melalui platform digital balimall.id. Hal ini disampaikan pula oleh Gubernur Bali Wayan Koster kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Sabtu (27/2).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno yang didampingi istrinya Ny. Nur Asia Uno mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemrov Bali dalam upaya pemulihan ekonomi, salah satunya di sektor UMKM. Pihaknya pun akan membantu pemasaran produk UMKM di Jakarta.

Gubernur Koster yang didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menjelaskan, melalui aplikasi Balimall.id diharapkan mampu memperluas jangkauan pasar sehingga semakin banyak pembeli yang bisa dijaring, di samping  pemasaran secara offline melalui pameran yang menjaring pembeli lokal.

Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng, ini mengatakan tak hanya menjaga eksistensi para pelaku UMKM dan IKM. Berbagai kebijakan yang diambilnya juga untuk melindungi dan membantu kelangsungan para pekerja yang tidak sedikit menggantungkan hidupnya sebagai pekerja kerajinan. “Dalam situasi pandemi, pemerintah tidak hanya memikirkan upaya penanganannya, tapi juga harus memikirkan upaya peningkatan perekonomian masyarakat Bali. Pemprov Bali tidak boleh berhenti total dalam menggeliatkan ekonomi, harus ada upaya untuk menolong perekonomian. Salah satunya sektor UMKM yang banyak digeluti oleh masyarakat Bali merata di seluruh kabupaten/kota. Itulah harapan agar para pekerja di sektor ini terlindungi,” jelasnya.

Mendengar hal tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi atas upaya yang diselenggarakan Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Koster dan dukungan Ketua Dekranasda Provinsi Bali dalam upaya menggeliatkan ekonomi Bali melalui UMKM yang erat kaitannya dengan sektor pariwisata.

Kehadirannya kali ini pun dimaksudkan untuk membangun sinergitas, guna merancang upaya-upaya dan program-program yang dapat dilaksanakan guna membangkitkan perekonomian Bali pascapandemi yang selama ini sangat tergantung pada sektor pariwisata.

Terkait pemasaran kerajinan UMKM Bali, Sandiaga menyampaikan telah melaksanakan gagasan kerja sama bersama para pemilik mal di Jakarta untuk membantu pemasarannya di ibu kota negara. “Sedang kami usahakan upaya beli hasil industri kreatif Bali. Ada beberapa pemilik mal di Jakarta yang  tertarik dan berminat memasarkan. Ini adalah konsep win-win. Di Bali dipasarkan langsung secara offline atu online melalui Balimall.id. Di Jakarta kami dukung pasarkan lewat mal dengan konsep beli kreatif Bali. Diharapkan hasil industri kreatif Bali bisa lebih banyak dipasarkan, UMKM Bali bisa bertahan dan bangkit, serta menjadi pemenang pascapandemi,” terangnya. *wid

BAGIKAN