Meningkat, Kunjungan Wisatawan ke Nusa Penida

Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida mengalami peningkatan pada libur akhir tahun 2020 khususnya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

WISATAWAN - Aktivitas wisatawan di dorm villa Nusa Penida.

Denpasar (bisnisbali.com) – Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida mengalami peningkatan pada libur akhir tahun 2020 khususnya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini membuat naiknya permintaan terhadap beberapa akomodasi di salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Klungkung tersebut.

Salah seorang pemilik dorm vila di kawasan wisata Nusa Penida, Septi Adrianingsih, saat ditemui di Denpasar mengatakan,  menjelang libur tutup tahun 2020, permintaan kamar hotel untuk aktivitas wisata di Nusa Penida mengalami kenaikan. “Bahkan, minggu lalu kami full booking karena animo masyarakat untuk berlibur ke Nusa Penida meningkat,” jelasnya, Minggu (3/1) kemarin.

Diungkapkannya, naiknya kunjungan sudah mulai terjadi sebelum hari raya Natal dan berlanjut hingga momen libur tahun baru. Ada beberapa kategori akomodasi yang diminati wisatawan yang datang ke Nusa Penida pada periode akhir tahun ini. Salah satunya adalah bungalows dan dorm villa. Dorm villa diminati karena akomodasi ini bisa digunakan secara bersama oleh wisatawan. Jadi, dari sisi harga jauh lebih murah dibandingkan jenis akomodasi lainnya.

Selain menginap di Nusa Penida, paket wisata lainnya yang diminati oleh wisatawan adalah paket one day trip (perjalanan satu hari). “Dalam paket ini, biasanya wisatawan datang untuk berwisata sehari di Nusa Penida dan sore harinya mereka kembali ke Denpasar,” ungkap Septi Adrianingsih.

Terkait aktivitas one day trip, Direktur Operasional Bali Sea Walker, Agung Eka Putra,  menyebut  hal yang sama. Menurutnya, untuk aktivitas libur akhir tahun, permintaan berwisata sehari ke Nusa Penida atau Nusa Lembongan mengalami peningkatan cukup signifikan. “Jika dibandingkan dengan hari biasa, pada momen liburan ini permintaan one day trip ke Nusa Penida ada peningkatan hingga 100 persen,” jelasnya.

Ada pun wisatawan yang melakukan aktivitas liburan ke Nusa Penida selain asal Bali juga wisatawan asal Jakarta, Bandung dan Surabaya. Wisatawan luar daerah ini datang ke Pulau Dewata sehari sebelum Natal. *wid

BAGIKAN