Melalui Festival, Belayu Kembangkan Potensi Seni, Adat dan Budaya

Festival yang dikemas dalam Festival Belayu II dengan tema Sevanam ini digagas atas dasar semangat pemuda atau generasi milenial saat ini, sehingga dapat memberikan ruang bagi pelaku seni untuk menampilkan kreativitas seni dan juga potensi yang dimiliki

FESTIVAL BELAYU - Cok Ace di sela-sela acara festival Belayu II

Tabanan (bisnisbali.com) – Shaba Yowana Desa Adat Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan,  menggelar festival yang bertajuk Festival Belayu II dengan tema ‘Sevanam’ yang mempunyai arti melayani.

Festival ini digelar mulai 13-15 Desember 2019. Festival itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab dipanggil Cok Ace bersama Wakil Bupati Tabanan,  I Komang Gede Sanjaya, di Wantilan Desa Adat Belayu, Desa Beringkit, Marga.

Festival yang dikemas dalam Festival Belayu II dengan tema Sevanam ini digagas atas dasar semangat pemuda atau generasi milenial saat ini, sehingga dapat memberikan ruang bagi pelaku seni untuk menampilkan kreativitas seni dan juga potensi yang dimiliki. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya, Anggota DPR RI, I Made Urip, DPD RI, A.A. Gede Agung, anggota DPR Provinsi, I Ketut Purnaya, Ketua DPRD  I Made Dirga, Eka Putra Nurcahyadi dan beberapa anggota DPRD Tabanan, Dandim 1619 Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto, dan undangan lainnya.

I Putu Eka Putra Nurcahyadi, mengatakan, penggagas festival ini adalah yowana, sekeha teruna, masyarakat dan seluruh elemen desa. “Bukan saya yang menggagas acara ini melainkan yowana, sekeha teruna, masyarakat dan seluruh elemen Desa Belayu yang ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi seni adat dan budaya yang dimiliki,” tuturnya, Jumat (13/12).

Tentunya seiring dengan pembangunan fisik, sudah saatnya Belayu memiliki arah yang jelas. Melalui acara ini ingin betul – betul bisa menunjukkan konsep untuk pelestarian tradisi seni adat dan budaya. “Semoga Belayu mempunyai identitas jelas,” harapnya.
Sementara Wakil Gubernur Bali, Cok Ace, sebelum membuka acara secara resmi mengucapkan selamat atas terlaksanannya Festival Belayu yang ke -2 ini. Diakuinya kesan pertama masuk ke Desa Adat Belayu, dia sangat kagum. “Pertama kali saya memasuki Belayu sangat luar biasa, tiyang merasa kagum pisan,” ujarnya karena melihat potensi Desa Adat Belayu.

Menurutnya,  ini momentum yang baik untuk menunjukkan jati diri dan potensi Belayu. Karena potensi Desa Adat Belayu sangat luar biasa. “Semoga festival Belayu ini menjadi lebih baik, dan segera melakukan evaluasi untuk ke arah lebih baik lagi ke depannya,” ujar Cok Ace.

Wabup Sanjaya, menambahkan, pihaknya selaku perwakilan Pemkab Tabanan memberikan apresiasi terhadap Desa Adat Belayu khususnya sabha yowana yang bisa membuat acara spektakuler dan berkelas. Diakuinya dengan kehadiran masyarakat yang begitu banyak mencerminkan festival ini berjalan dengan sukses.

“Banyak peserta yang hadir membuktikan acara sukses dan antusias penonton sangat baik untuk menyukseskan Festival Belayu,” tambahnya. *man

BAGIKAN