Masyarakat mulai Teredukasi, ”Punic Buying” tak Terjadi lagi

Kekhawatiran terhadap kasus corona yang membuat masyarakat melakukan stok makanan berlebih ternyata mulai reda.

Denpasar (bisnisbali.com) –Kekhawatiran terhadap kasus corona yang membuat masyarakat melakukan stok makanan berlebih ternyata mulai reda. Kunjungan di pusat-pusat perbelanjaan tampak stabil seperti biasanya.

Salah satunya yang menjadi pantauan yaitu Tiara Dewata sebagai salah satu pusat perbelanjaan masyarakat di Denpasar. Kondisi cukup ramai, namun tidak tampak masyarakat membeli kebutuhan pokok ataupun kebutuhan lainnya dengan jumlah banyak yang disinyalir sebagai stok. Kebanyakan konsumen hanya memberi kebutuhan dalam jumlah yang cukup.

Manajer Operasional Tiara Dewata R. Novie Setio saat ditemui,  mengatakan, tidak ada penurunan ataupun peningkatan kunjungan. “Masih tetap stabil untuk saat ini, malahan berbeda dengan sekitar 2 minggu lalu yang kunjungan cukup meningkat. Entah itu karena awal bulan atau karena hal lain,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah cukup teredukasi dengan berbagai informasi yang diberikan, sehingga tidak ada panic buying dan menyetok bahan makanan berlebih. Namun dikatakannya, ada perubahan pola hidup masyarakat saat ini yang lebih menjurus ke pola hidup sehat sehingga ada peningkatan pada penjualan produk-produk kebersihan, seperti sabun serta sanitizer.

Dikatakan, dalam upaya pencegahan penularan virus dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, pihaknya juga melakukan berbagai upaya. Seperti penyediaan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan secara rutin setiap hari serta mengedukasi karyawan untuk melalukan pola hidup sehat dan mengimbau untuk membaca berita-berita terpercaya (bukan media sosial) untuk mengkondusifkan suasana. Imbuan juga diberikan untuk karyawan yang tidak enak badan agar segera beristirahat.

Salah seorang konsumen yang ditemui, Sutasmi, mengatakan, pihaknya berbelanja untuk persiapan Nyepi dan sekalian berbelanja kebutuhan sehari-hari yang rutin dilakukan setiap bulannya. Wanita asli Denpasar ini pun mengaku tidak ada ketakutan untuk keluar rumah. Dirinya melengkapi diri dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga daya tubuh. “Yang penting rajin cuci tangan dan jaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus,” ujarnya. *wid

BAGIKAN