Manfaatkan Dana Masyarakat, Bangkitkan Ekonomi Bali

Untuk membangkitkan ekonomi Bali saat pandemi Covid-19 perlu usaha bersama dari seluruh masyarakat Bali.

Denpasar (bisnisbali.com)-Untuk membangkitkan ekonomi Bali saat pandemi Covid-19 perlu usaha bersama dari seluruh masyarakat Bali. Dewan Pengawas DPD Perbarindo Bali, Cok Gde Mahadewa, Minggu (20/9) mengatakan dengan memanfaatkan dana pihak ketiga (DPK) milik masyarakat, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memanfaatkan DPK untuk menumbuhkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Utama BPR Padma ini mengatakan masyarakat dan UMKM  mesti bersama membangkitkan ekonomi Bali. Masyarakat yang masih kelebihan dana mesti dimanfaatkan membantu UMKM untuk bangkit dan tumbuh di masa pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan BPR berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan sektor UMKM. Masyarakat yang kelebihan dana bisa menempatkan dana di BPR dalam bentuk tabungan maupun deposito. “BPR di jamin pemerintah melalui lembaga penjamin simpanan atau LPS sehingga dana masyarakat sangat aman di BPR,” ucapnya.

Cok Mahadewa memaparkan industri BPR hanya menjalankan fungsi sebagai lembaga intermediasi. BPR hanya sebagai jembatan supaya dana masyarakat yang tersimpan aman di BPR. DPK yang dihimpun BPR selanjutnya disalurkan lagi ke masyarakat yang membutuhkan kredit.

Dalam tatanan kehidupan era baru, masyarakat, BPR bersama UMKM mesti bangkit. BPR merangkul masyarakat dan membantu UMKM untuk bangkit dan tumbuh. “Ekonomi Bali mesti ditumbuhkan menuju kehidupan yang lebih baik,” jelasnya.

Mahadewa meyakinkan dalam kondisi Covid-19, hanya masyarakat yang mempunyai dana yang bisa membantu sektor usaha yang mengalami kesulitan  permodalan. Ini dimediasi BPR melalui penyaluran kredit modal kerja. “Langkah BPR mengajak masyarakat dan sektor usaha untuk saling bahu membahu membangun ekonomi Bali dari keterpurukan yang disebabkan dampak pandemi Covid-19,” ucapnya. *kup

BAGIKAN