Made Ramia Adnyana, Verifikasi Protokol Kesehatan

HASIL evaluasi tim verifikasi Kabupaten Badung menyatakan sudah banyak industri pariwisata yang diverifikasi.

HASIL evaluasi tim verifikasi Kabupaten Badung menyatakan sudah banyak industri pariwisata yang diverifikasi. Wakil Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, I Made Ramia Adnyana, mengatakan  hampir 90 persen sudah menerapkan protokol Covid-19.

Lanjut dia,  shopping mall seperti Beach Walk, Pantai Pandawa, Uluwatu, Sangeh sudah menerapkan protokol Covid-19 sesuai surat edaran Bupati Badung No. 259 Tahun 2020. Sementara spa, restaurant dan karaoke masih harus melengkapi protokol Covid-19 agar sesuai dengan surat edaran.

Ramia menjelaskan semuanya dituangkan dalam formulir yang harus ditindak lanjuti oleh manajemen sebelum sertifikat di terbitkan  pemerintah Kabupaten Badung. “Jadi dapat saya simpulkan setelah melakukan verifikasi di beberapa lokasi, untuk 9 jenis produk pariwisata yang menjadi perioritas di Kabupaten Badung sudah siap untuk menghadapi tatanan kehidupan Bali Era Baru,” ucapnya.

Pariwisata Badung menerapkan  konsep SIAP (Sehat, Innovatif, Adaptif dan Produktif) dan 5 Pillar (Contactless, Cleanliness, Healtiness, Safetiness dan Extra Miles dan Environmentally Friendly). Pelaku pariwisata Badung siap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Dengan dibukanya destinasi Bali untuk masyarakat lokal dan pasar domestik sudah mulai ada sedikit  geliat terhadap hunian hotel. Masyarakat lokal dan wisatawan domestik melakukan wisata kuliner dan wisata plesiran ke tempat tempat wisata yang ada di Bali. *kup

BAGIKAN