Made Budiasa, Pilah Sampah

Kabupaten Gianyar merupakan salah satu daerah pariwisata di Bali sudah mulai mengolah sampah berbasis desa.

Kabupaten Gianyar merupakan salah satu daerah pariwisata di Bali sudah mulai mengolah sampah berbasis desa. Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Gianyar,  I Made Budiasa mengatakan DPRD mendorong pemerintah agar selalu mengedukasi masyarakat memilah sampah berbasis sumber.

Diungkapkannya, beberapa desa di Gianyar seperti Desa Taro sudah melakukan pemisahan jenis sampah. Ini mencakup pemisahan sampah organik dengan sampah anorganik.

Ia menjelaskan Taro, Desa Percontohan Penerapan TPS 3R. TPS3R adalah kepanjangan dari Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle. “Ini merupakan sistem dan teknologi pengolahan sampah dari hulu,” ucap anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gianyar ini.

Budiasa memaparkan Gianyar sudah melaksanakan pengolahan sampah berbasis sumber di beberapa desa yang menjadi pilot project. Di sisi lain, Gubernur Bali telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Bali tentang pedoman pengolahan sampah berbasis sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Menurutnya, sesuai kebijakan gubernur dan bupati, ke depannya semua desa terutama di Gianyar menangani sampah  berbasis sumber. “Ini memang kebijakan yang sangat baik guna mengurangi pengiriman sampah ke TPA,” tegasnya.

Budiasa menambahkan sangat mengapresiasi dan mendukung kebijakan pemerintah mendorong penanganan sampah berbasis sumber. Gianyar merupakan daerah tujuan wisata harus bisa menjadi contoh wilayah yang bebas sampah plastik.  “Semua wilayah di Bali bisa bebas dari sampah plastik sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman tinggal di Bali khususnya di Gianyar,” tegasnya. *kup

BAGIKAN