Made Arya Amitaba, Bangun Daya Saing

DI tengah terpuruknya ekonomi, sektor perbankan juga memotivasi pelaku UMKM untuk bangkit dalam masa pandemi Covid-19.

DI tengah terpuruknya ekonomi, sektor perbankan juga memotivasi pelaku UMKM untuk bangkit dalam masa pandemi Covid-19. Direktur Utama BPR Kanti, Made Arya Amitaba, mengatakan pelatihan dengan mentor terbaik dapat mendorong pelaku UMKM meningkatkan nilai produk lokal menjadi produk nasional bahkan internasional.

Diungkapkannya, pandemi Covid-19 menghancurkan tatanan perekonomian yang telah dibangun dan ditata dengan baik puluhan bahkan ratusan tahun. Pandemi juga mengubah paradigma berpikir masyarakat dan bermunculan ekosistem perekonomian baru.

Menurut ayah dua anak ini, di masa pandemi ini lahir bisnis-bisnis baru yang kembali berawal dari home industry. Daya tarik suatu produk baru tidak bisa dilepaskan dari kemasan yang menarik. “Ini sesuai masanya yaitu masa milenial,” ucapnya.

Oleh karena Indonesia negara hukum, pelaku UMKM juga  perlu memahami izin edar. Melalui penyelenggaraan seminar atau pelatihan, pihaknya berupaya membantu pelaku UMKM dalam membuat kemasan sampai pada legalitas produk UMKM lewat pemenuhan persyaratan isin edar. Ini tidak hanya membantu pelaku UMKM di Gianyar melainkan di Bali secara umum.

Peningkatan daya saing produk ini untuk menyongsong ledakan kunjungan wisatawan setelah berlalunya pandemi Covid-19 nanti. “Dalam menghadapi persaingan dengan produk luar, hanya dengan peningkatan kualitas produk lokal akan menjadi pemenang di daerahnya sendiri,” pungkas Arya Amitaba. *kup

BAGIKAN